Maksimalkan Pengamanan Peringatan Tahun Baru Hingga Jam 3 Pagi

oleh -332 views

Seputarmuria.com, PATI – Jelang peringatan Tahun Baru di Kabupaten Pati, Kapolres Pati AKBP Bambang Yudhantara Salamun bersama jajarannya telah melakukan berbagai persiapan demi terselenggaranya peringatan tersebut dengan aman dan kondusif.

Kapolres menegaskan bahwa pihaknya menurunkan sekira 800 personil. Yang mana mereka bertugas melakukan pengamanan di seluruh kecamatan di Kabupaten Pati. Yaitu, kecamatan – kecamatan yang melakukan acara – acara, akan diamankan.

“Penerjunan pasukan dimulai dari sore, yaitu saat apel jam 5 sore, hingga selesai kegiatan sekira jam 3 pagi. Itu jam 2 pagi kita himbau kepada masyarakat yang masih jalan raya dan yang masih berkumpul di pinggir jalan, agar segera kembali ke rumahnya”, ujarnya saat diwawancarai, Senin (30/12/2019.

Sebab di jam tersebut, lanjut Kapolres, merupakan jam – jam biologis manusia diterpa ngantuk. Apabila dibiarkan, akan mengalami kecelakaan maupun hal – hal yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

“Tak hanya itu, jelang tahun baru pun kita telah melakukan razia – razia miras. Bahkan nanti di perempatan Puri, tempat hiburan utama, masyarakat yang masuk akan kita screening terlebih dahulu”, ucapnya.

Pihaknya akan mengecek semua masyarakat yang masuk. Serta benar – benar memastikan bahwa masyarakat tidak membawa senjata tajam (sajam), senjata api, maupun benda – benda lain yang dapat melukai.

“Dengan demikian, masyarakat yang merayakan peringatan tahun baru, dapat merasa aman dan nyaman. Begitu juga dengan masyarakat beragama nasrani, akan kita amankan juga saat mereka beribadah”, katanya.

Kapolres kembali menegaskan, ada sekira 4 titik di pusat kota yang menjadi fokus pengamanan. Mengingat bahwa 4 titik tersebut ialah panggung hiburan untuk masyarakat. Beberapa titik ini diadakan guna memecah konsentrasi berkumpulnya massa. Mulai dari hiburan untuk anak muda, ketoprak, tayub dan seterusnya.

“Namun, yang tetap menjadi panggung utama ialah di perempatan Puri. Usai pesta kembang api pukul 00.00, kita antisipasi. Sebab masyarakat pasti akan mencari lokasi yang lain untuk menghabiskan sisa – sisa malam. Seperti di Alun – alun, jalan lingkar, antisipasi balap liar serta bentuk kejahatan yang lain”, imbaunya.

Oleh karena itu, tepat usai pukul 00.00, Kapolres akan langsung menginstruksikan personilnya untuk melakukan patroli ke semua titik yang berpotensi menimbulkan kerawanan.

“Dengan ini kita harapkan malam peringatan Tahun Baru berlalu dengan aman tanpa timbulnya permasalahan”, pungkasnya. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *