Mahasiswa KKN Buat Olahan Tomat Menjadi Manisan untuk Perkuat Daya Tahan Tubuh

oleh

Seputarmuria.com, PATI – Jawa Tengah – Demi menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh di masa pandemi Covid – 19, salah satu mahasiswa KKN UIN Waliosongo Semarang, Wardatush Sholihah membuat inovasi olahan tomat menjadi manisan kurma (KUMAT).

Tak sendiri, dalam membuat olahan tomat tersebut, Wardatush bersama dengan remaja di lingkungan RT 02/RW 01, Desa Koripandriyo, Kecanatam Gabus, Kabupaten Pati.

“Berdasarkan survey yang telah dilakukan sebelumya, para remaja hanya mengetahui cara mengolah buah-buahan khususnya tomat sebagai campuran bumbu sambal ataupun digunakan sebagai lalapan saja. Selain itu, ada juga sebagian remaja yang tidak suka dengan buah tomat”, ujarnya saat dihubungi, Sabtu (21/11/2020).

Untuk itu, lanjut Wardah, ia mengajak para remaja ikut produktif membuat olahan tomat menjadi manisan.

“Pembuatan manisan kurma tomat (KUMAT) ini dilakukan dengan cara memisahkan biji tomat dengan dagingnya lalu di rendam dengan air kapur sirih selama kurang lebih 4 jam. Setelah itu dimasak dengan gula pasir sampai mengering”, imbuhnya.

Wardah juga menyebut bahwa pemilihan buat tomat karena buah tomat memiliki khasiat mencegah kerusakan sel yang bisa menyebabkan aneka jenis kanker, membantun mengatasi resiko gangguan jantung dan menambah nafsu makan.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 20 November 2020 dengan melibatkan remaja RT 02/RW 01 Desa Koripandriyo. Dalam pelaksanaannya, kegiatan itu tetap mematuhi protokol kesehatan.

Salah satu remaja, Ninda melakukan kegiatan ini secara langsung dengan mengikuti arahan mahasiswa KKN. Dalam proses pembuatannya para remaja sangat bersemangat.

“Pembuatan manisan seperti ini sangat mudah, bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatanya mudah didapat, harganyapun terjangkau dan kegiatan membuat manisan ini dapat memberikan inovasi kepada saya dan remaja yang lain. Dan bisa berkreasi memilih sayuran atau buah-buahan yang diinginkan untuk dijadikan manisan”, pungkasnya. (Er)

Point of Sales Lengkap
Catatan pembayaran Anda berantakan?
Aplikasi kasir Boskasir menyederhanakan proses penjualan usaha Anda dan mengelola transaksi lebih efisien.

All Device All Platform
Spesifikasi apa saja yang dibutuhkan ?
Minimal RAM 4GB, Spesifikasi lainnya bebas. Support semua OS : Windows, Linux, Android, IOS, Mac OS, Dll. Support Semua Device : PC, Laptop, HP, Tab, Dll.

Kami juga menyediakan jasa input data barang, sangat memudahkan owner bisnis. KLIK www.boskasir.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *