Lokasi Upacara 17 an Ini Jadi Sorotan

oleh -1,694 views

Rapat persiapan hari jadi Pati dan peringatan HUT ke 74 Kemerdekaan RI di ruang Pragolo Setda Pati, Senin (22/7).

Seputarmuria.com, PATI – Banyaknya agenda menjelang peringatan Hari Jadi Pati ke 696 serta HUT ke – 74 Kemerdekaan RI, perlu mendapat pembahasan lebih lanjut agar segala proses kegiatannya terselenggara dengan baik.

Hal tersebut disampaikan oleh Asisten 1 Pemerintahan Setda Pati, Sudiyono mewakili Bupati Pati Haryanto ketika memimpin rapat persiapan hari jadi Pati dan HUT Kemerdekaan RI yang bertempat di ruang Pragolo Setda Pati, Senin (22/7/2019).

Selain itu, panitia juga akan menyusun surat edaran kepada seluruh OPD, Instansi Vertikal di Kabupaten Pati, Instansi Non Pemerintah/ Swasta, Perusahaan, BUMN, BUMD dan Pemerintah Desa untuk mendukung dan menyemarakkan pelaksanaan Hari Jadi Kabupaten Pati ke-696 dan HUT Kemerdekaan RI ke-74 agar berlangsung secara meriah, dan tidak terpusat di kota saja, tetapi kemeriahan juga dilaksanakan sampai ke pelosok desa.

Untuk rangkaian kegiatan, menurut Sudiyono, terdiri atas 34 kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka menyambut dan menyemarakkan Hari Jadi Kabupaten Pati ke-696 dan HUT Kemerdekaan RI.

“Yang paling istimewa tentunya adalah Kegiatan Akbar 5 tahunan, yaitu Prosesi dan Kirab Hari Jadi yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, 7 Agustus 2019 mulai pukul 12.00 WIB”, jelasnya.

Dandim 0718/Pati Letkol Arm. Arif Darmawan yang hadir dalam rapat tersebut mengatakan bahwa ia beserta jajarannya, telah menyurvei lokasi yang akan digunakan untuk upacara 17 Agustus HUT ke 74 RI.

“Awalnya ada dua pilihan tempat, yakni lapangan Brimob dan Kompi Senapan C Alugoro. Secara akses, lapangan Brimob memang lebih baik, karena ada di pusat kota Pati. Namun, kelemahannya adalah, para peserta upacara 17 an, akan terpapar langsung sinar matahari yang upacara tersebut memakan waktu lama”, tegasnya.

Oleh karena itu, berdasarkan keputusan bersama, upacara 17 Agustus nanti akan bertempat di Kompi Senapan C Alugoro. Sebab, lanjut Dandim, meski akses ke lokasi memang tergolong padat, namun secara fasilitas parkir para peserta dan kondisi lapangan sudah sangat mendukung.

“Dari survey yang kami lakukan pagi tadi, Kompi Senapan C Alugoro menjadi lokasi terselenggaranga upacara 17 Agustus. Tentunya ini juga telah sepengetahuan Bupati Pati”, tegasnya.

Sementara itu, Bupati Pati Haryanto yang menanggapi rapat tersebut mengatakan bahwa, rapat persiapan hari jadi Pati dan peringatan HUT ke 74 RI bukanlah pertama kali ini saja. Namun, guna pelaksanaan maupun prosesinya berjalan dengan baik, perlu benar – benar mendapat pembahasan.

“Terkait agenda kegiatan, khususnya hari jadi Pati, segala sesuatunya sudah kita persiapkan, khususnya masalah jam atau waktu pelaksanaan. Sebab, hal ini berkaitan dengan persiapan serta make up para pelaku yang akan tampil. Jadi benar – benar sudah kita hitung dan pertimbangkan waktunya”, ujarnya.

Pada dasarnya, lanjut Bupati, segala agenda kegiatan yang telah di jadwalkan tidak ada permasalahan. Hanya terkait pelaksanaan upacara 17 Agustus saja. Sebab, antara Brimob dan Kompi Senapan C Alugoro dalam pemilihan maupun penentuan, jangan dijadikan adanya perbedaan paham.

“Kalau dekatnya memang Brimob. Namun secara strategis tidaknya, kemudian lokasi yang luas, lahan parkir, itu ada di lapangan Kompi Senapan C Alugoro. Saya juga sudah berkali – kali melihat disana”, pungkasnya. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *