Komitmen Bupati Pertahankan WTP dan Kelola Pemerintahan Lebih Baik Lagi

oleh -319 views

Seputarmuria.com, PATI – Mewakili Pemerintah Kabupaten Pati, Bupati Haryanto menerima piagam penghargaan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari Kementerian Keuangan, Senin (7/9/2019).

Piagam tersebut diserahkan oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah Sulaimansyah di Ruang Pragolo Setda Kabupaten Pati.

Piagam WTP ini diberikan atas Laporan Keuangan Pemkab Pati tahun 2018. Untuk diketahui, hingga tahun ini, Pemkab Pati telah mendapat Opini WTP sebanyak empat kali.

Sementara itu, Bupati Haryanto memberi tanggapan, Opini WTP diraih bukan sebagai hadiah cuma-cuma, melainkan hasil kerja keras segenap jajarannya dalam mengelola keuangan daerah.

“Kami sangat merasakan bahwa (opini WTP) itu tidak serta merta. Banyak teman-teman (daerah lain) yang sudah WTP kemudian turun menjadi WDP (Wajar Dengan Pengecualian). Mudah-mudahan WTP yang kelima nanti kita raih. Kita pertahankan meski tidak mudah. Ini adalah hasil kerja keras dari Bapak-Ibu sekalian,” ujar Haryanto di hadapan para pejabat dan pegawai di lingkungan Pemkab Pati yang hadir.

Bagi Haryanto, penghargaan dari Kementerian Keuangan ini dapat memotivasi para pegawai Pemkab untuk mengelola keuangan daerah secara lebih baik.

Haryanto menyebut, apabila setiap tahun mendapatkan penghargaan tersebut, artinya pengelolaan keuangan yang dilakukan juga semakin baik. Bukan malah semakin turun.

“Jadi, jangan berpendapat apabila daerah yang sudah pernah mendapatkan, maka otomatis akan mendapatkan kembali. Bukan ya, bukan seperti itu. Sebab WTP itu memang betul-betul berdasarkan akuntabilitas keuangan,” tegasnya.

Haryanto menegaskan, pihaknya sudah berkomitmen untuk mengelola pemerintahan dengan lebih baik. Pengelolaan keuangan adalah bagian penting di dalamnya lantaran mempertahankan WTP ialah tugas yang tak terelakkan.

“Tidak mudah mendapat penghargaan. Jangan sampai hari ini mendapatkan penghargaan, berikutnya malah ada persoalan,” pungkasnya. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *