KKN di Desa Purwokerto, 80% Program Telah Terlaksana

oleh -780 views

Seputarmuria.com, PATI – Kurang lebih sudah 20 hari Kabupaten Pati kedatangan mahasiswa KKN dari Universitas Diponegoro yang tersebar di dua kecamatan yakni Kecamatan Juwana dan Kecamatan Kayen.

Desa Purwokerto Kecamatan Kayen merupakan salah satu target lokasi dalam program KKN ini. Ilham, mahasiswa jurusan Teknik Geologi angkatan 2016 mengatakan bahwa di hari ke 20, tim nya telah menyelesaikan program – program personal atau biasa disebut monodisiplin di desa tersebut.

Sebagai mahasiswa yang bukan asli Jawa, Ilham yang kelahiran asal Jambi ini mengaku begitu terkesan dengan kultur atau budaya di Desa yang ia tinggali bersama rekan – rekan tim nya.

“Sebagian besar masyarakatnya bermata pencaharian petani, pemuda pemudi banyak yang merantau, serta masyarakatnya begitu religius. Hal tersebut nampak dari banyaknya TPQ yang aktif di sekitar desa”, ungkapnya saat ditemui, Senin (29/7/2019).

Tak hanya itu, Ilham menyebut bahwa masyarakat begitu merespon sangat baik ketika pertama kali mereka datang. Ketika mengalami kesulitan dalam berbagai hal, warga pun tak segan untuk membantu Ilham bersama 13 orang rekannya.

“Komoditas di desa ini yaitu, tanaman tani nya jagung, padi, alpukat, jeruk, duren, kapuk randu, cabai. Selain itu, para orang tua disini menganut prinsip kejawen”, imbuhnya.

Selama di KKN di desa tersebut, lanjut Ilham, banyak hal – hal menarik lainnya yang belum pernah ia liat sebelumnya. Seperti, indahnya pegunungan kendeng, bukit teletubies serta ia pernah mendapat cerita dari warga sekitar tentang legenda Joko Kendhat.

“Di sisa waktu yang ada ini, kami gunakan untuk melaksanakan program – program multidisiplin”, pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *