Ketua PMI Pati Tegaskan Corona Tak Menular Melalui Donor

oleh

Seputarmuria.com, PATI – Bupati Haryanto yang juga merupakan Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pati mengakui, perolehan donor darah pada masa pandemi Covid-19 secara umum memang mengalami penurunan.

“Walaupun berkurang, bukan berarti kekurangan. Persediaan cukup. Namun memang di sebagian masyarakat ada kekhawatiran dan ketakutan bahwa donor darah bisa membuat tertular corona. Padahal tidak ada hubungannya. Donor dan transfusi darah tidak akan membuat tertular corona,” ungkapnya di Markas PMI Pati, Kamis (19/11/2020).

Haryanto menyebut, untuk antisipasi berkurangnya jumlah pendonor pada masa pandemi, pihaknya menggerakkan kegiatan donor melalui perusahaan dan organisasi.

“Seperti misalnya pada ulang tahun Korpri ini pegawai akan donor darah,” kata Haryanto.

Di samping itu, pihaknya pun aktif menghubungi orang-orang yang sebelumnya telah terbiasa donor darah.

Menambahkan, Humas Unit Transfusi Darah PMI Pati Syafa’ati mengatakan, hingga hari ini kondisi stok darah memang masih jauh berbeda dibanding sebelum pandemi. Penurunan jumlah pendonor mencapai 70 persen dibanding biasa.

Adapun stok darah PMI Pati hari ini ialah, golongan darah A 13 ampul, B 19 ampul, O 18 ampul, dan AB 20 ampul.

Adapun kebutuhan permintaan darah harian rata-rata 30 ampul.

Syafa’ati mengatakan, meski tingkat donor belum terlalu banyak, akhir – akhir ini sejumlah komunitas sudah mulai aktif menggelar kegiatan donor darah.

“Bulan Oktober kemarin ada 12 komunitas. November ini yang sudah berjalan tujuh komunitas. Jumlah perolehannya untuk setiap kegiatan donor komunitas bervariasi, ada yang 32, 37, 46. Di kisaran itu,” jelasnya.

Ia mengatakan, organisasi profesi PGRI dan Korpri juga sudah menjadwalkan kegiatan donor dalam waktu dekat.

Syafa’ati menyebut, masifnya pemberitaan terkait pandemi Covid-19 memang membuat sebagian orang merasa khawatir donor darah.

“Padahal, sepengetahuan kami, sampai saat ini tidak ada penularan corona melalui donor darah. Pelaksanaan donor pun kami selalu taat protokol kesehatan sesuai aturan pemerintah, yakni menjaga jarak, pakai masker, dan cuci tangan,” pungkasnya. (Er)

Point of Sales Lengkap
Catatan pembayaran Anda berantakan?
Aplikasi kasir Boskasir menyederhanakan proses penjualan usaha Anda dan mengelola transaksi lebih efisien.

All Device All Platform
Spesifikasi apa saja yang dibutuhkan ?
Minimal RAM 4GB, Spesifikasi lainnya bebas. Support semua OS : Windows, Linux, Android, IOS, Mac OS, Dll. Support Semua Device : PC, Laptop, HP, Tab, Dll.

Kami juga menyediakan jasa input data barang, sangat memudahkan owner bisnis. KLIK www.boskasir.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *