Kesbangpol Gelar Peningkatan Pendidikan Politik

oleh -308 views

Seputarmuria.com, PATI – Kabupaten Pati di akhir tahun 2019, akan menggelar pemilihan kepala desa serentak yang akan diikuti oleh 122 desa. Dijadwalkan, pilkades serentak tersebut akan diselenggarakan pada tanggal 21 Desember 2019.

Dalam kesempatannya, Kantor Kesbangpol Kabupaten Pati hari Kamis (26/9/2019), mengadakan acara peningkatan pendidikan dan diskusi politik yang dihadiri oleh perwakilan dari kecamatan, desa, BPD, tokoh agama dan tokoh masyarakat dari desa yang akan mengadakan pilkades serentak.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Pati, Susanto mengatakan pihaknya memiliki kewajiban guna meningkatkan partisipasi masyarakat. Serta untuk calon – calon kepala desa yang akan maju, untuk dapat melakukan praktik demokrasi yang damai dan tertib.

“Sehingga, dengan demikian tercipta suasana di lingkungan desa yang aman dan kondusif. Kita undang dan kita didik mereka terkait wawasan politiknya”, ungkap Susanto.

Sedangkan output penyelenggaraan acara ini, lanjut Susanto, dapat meningkatkan partisipasi masyarakat, agar sistem demokrasi yang diterapkan dapat terlaksana dengan baik, lancar tanpa timbulnya permasalahan.

“Dengan diberikannya materi – materi dari sejumlah narasumber tersebut, harapannya para peserta dapat memahami serta mengimplementasikan di desa dan lingkungannya”, imbuhnya.

Dalam pelaksanaan acara peningkatan pendidikan tersebut, diisi oleh sejumlah narasumber yaitu, Asisten Pemerintahan Setda Pati, dosen Fisip Undip serta KPU Pati.

“Minimal dapat melakukan pemetaan terhadap potensi kerawanan yang muncul dari desa yang akan menyelenggarakan pilkades serentak tersebut. Sehingga harapannya, para Camat dapat memberikan laporan kepada Bupati terkait daerah – daerah yang berpotensi timbulnya kerawanan”, pungkasnya.

Dilakukannya hal tersebut, agar tim dari kabupaten dapat terjun untuk melakukan pemantauan. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *