Keren! Ciptakan Smart Fitting, Mahasiswa Ini Nyalakan Lampu Melalui Smartphone

oleh

Seputarmuria.com, PATI – Revolusi Industri 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi digital. Manusia semakin dimudahkan dalam hal aksesibilitas terhadap segala hal. Di lingkup rumah, banyak sekali perangkat elektronik yang masih dikontrol secara manual (menggunakan saklar) contohnya lampu.

Berangkat dari hal itu, 2 mahasiswa jurusan Teknik Elektro Sekolah Tinggi Teknik Pati (STTP) semester 3 ini menciptakan sebuah perangkat yang bisa dikendalikan melalui aplikasi di smartphone. Perangkat tersebut dinamakan Smart Fitting yang berfungsi sebagai tempat/gantungan lampu sekaligus menyalakan dan mematikannya via smartphone.

Adalah Yulianto dan Dirjo Sugiyanto, ia mengatakan bahwa smart fitting ini berfungsi untuk rumah lampu yang biasa dipasang di atas langit – langit rumah.

“Untuk mengendalikan atau mengontrol lampu itu (red, menghidupkan dan mematikan) menggunakan aplikasi yang didapat di playstore. Ataupun dengan custom dari kami sendiri sebagai pembuatnya”, ujar Yulianto.

Yulianto menjelaskan, agar bisa mengendalikan lampu, hanya tinggal membuka aplikasi yang telah di design sendiri. Yang mana aplikasi ini sebagai media komunikasi antara smart fitting dengan gadget.

“Pertama harus kita aktifkan dulu hotspot nya dari gadget. Namun sebelumnya, username dan password hotspot harus disamakan dengan komponen program di dalam smart fitting itu agar dapat terkoneksi”, paparnya.

Setelah hotspot aktif, lanjut Yulianto, kemudian membuka aplikasi. Ia menyebut bahwa dalam mengendalikan smart fitting itu terdapat dua metode dalam aplikasi tersebut yakni dengan saklar (melalui gadget) dan dengan perintah suara.

“Untuk menyalakan melalui saklar itu mudah tinggal kita klik tombolnya maka lampu akan hidup. Dan kita klik lagi lampu pun mati. Sedangkan untuk perintah suara, kita ketuk ikon nya lalu kita bilang ‘nyalakan lampu’, lampu pun hidup. Sebaliknya, untuk mematikan, kita ketuk ikon nya lalu bilang ‘matikan lampu’ dan lampu mati”, jelasnya.

Ia mengatakan ada sejumlah komponen utama yang di pasang di dalam smart fitting itu agar dapat dikendalikan dengan gadget. Yaitu, power supply 5 volt yang bisa didapatkan dari charger – charger hp maupun toko komponen. Ini berfungsi menyuplai tegangan untuk modul wi – fi kemudian modul relay dan fitting.

“Cara kerjanya ialah, kita menggunakan hotspot dan modul wi-fi yang ada di perangkat (fitting smart) sebagai penerimanya. Jadi gadget kita sebagai pemancar, dan smart fitting itu sebagai penerima. Agar dapat terkoneksi, harus kita samakan username dan password di hotspot (gadget) serta modul wi-fi nya. Modul wi-fi ini kita setting dulu atau kita program dengan software. Lalu kita setting agar nama dan passwordnya sama dengan hotspot”, paparnya.

Point of Sales Lengkap
Catatan pembayaran Anda berantakan?
Aplikasi kasir Boskasir menyederhanakan proses penjualan usaha Anda dan mengelola transaksi lebih efisien.

All Device All Platform
Spesifikasi apa saja yang dibutuhkan ?
Minimal RAM 4GB, Spesifikasi lainnya bebas. Support semua OS : Windows, Linux, Android, IOS, Mac OS, Dll. Support Semua Device : PC, Laptop, HP, Tab, Dll.

Kami juga menyediakan jasa input data barang, sangat memudahkan owner bisnis. KLIK www.boskasir.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *