Kerahkan Ratusan Personel, Bawaslu Pati Tertibkan Baliho Berbau Kampanye

oleh -366 views

Seputarmuria.com, PATI – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pati tegas melakukan pencopotan baliho – baliho kampenye di 21 kecamatan. Pada kegiatan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) tersebut, Bawaslu mengerahkan ratusan personel untuk “membersihkan” baliho yang berbau kampanye.

Ratusan personel tersebut berasal dari Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) dan Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) se Kabupaten Pati.

Salah satu komisioner Bawaslu Sigit Pamungkas menyebut, pada penertiban itu, Bawaslu Kabupaten Pati juga menggandeng Dinas Perhubungan (Dishub) Pati dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pati.

”Ada sekira 500 personel. PKD ada 406. Kemudian ada Panwascam 21 kali 3, yakni 63 personel. Serta juga ada TNI/Polri, Satpol PP dan Dishub Kabupaten Pati,” ujarnya, Senin (13/11/2023).

Penertiban baliho berbau kampanye oleh Bawaslu Kabupaten Pati Ini dilakukan lantaran saat ini belum saatnya melakukan kampanye sebab masa kampanye dimulai pada 28 November mendatang.

Beberapa waktu sebelumnya, pihak Bawaslu Kabupaten Pati sudah mengumpulkan partai politik peserta pemilu yang nekat memasang baliho sebelum masa kampanye dimulai.

Dalam pertemuan Jumat (10/11/2023) lalu itu, parpol diberikan waktu 2 hari untuk mencopot secara mandiri atau mengubah alat peraga kampanye (APK) menjadi alat peraga sosialisasi (APS).

”Sebelumnya kita melakukan sosialisasi parpol jumat kemarin. Kita upayakan penertiban ini sampai desa-desa. Yang ditertibkan baliho yang sudah masuk APK. Beberapa baliho juga susah diteribkan sendiri parpol,” pungkasnya.

Baliho – baliho yang telah ditertibkan itu diamankan di Kantor Panwascam di seluruh Kabupaten Pati. Pihaknya mempersilahkan baliho diambil dan dipasang lagi bila masa kampanye sudah berjalan. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *