Kembangkan Talenta Di Usia Muda

oleh -152 views

Seputarmuria.com, PATI – Menempuh pendidikan sembari ingin mengembangkan potensi dalam diri merupakan salah satu hal yang mungkin ingin dilakukan oleh sebagian besar orang, khususnya para pemuda.

Adalah Kencana Ayudya Prabahandari, dara asal Desa Sembaturagung, Kecamatan Jakenan, Kabupaten Pati yang saat ini sedang menempuh pendidikan tinggi di Universitas Diponegoro (Undip) Jurusan Biologi, semester 4 ini merupakan satu dari sekian banyak mahasiswa yang ingin mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Jurusan Biologi yang saat ini dijalaninya bukanlah pilihan utama ketika gadis 19 tahun ini memilih perguruan tinggi. Hal tersebut lantaran, Kedokteran merupakan pilihan utama bagi dirinya. Namun, karena persaingan yang begitu ketat serta biaya yang tak sedikit, membuat Kencana harus menerima seruan dirinya masuk ke jurusan biologi.

“Tak disangka masuk di jurusan biologi semakin nyaman. Sebab, meski setiap saat berkutat dengan banyaknya tugas dan laporan, namun selama ini masih bisa diselingi dengan kegiatan yang lain seperti ikut organisasi maupun mengembangkan potensi diri”, ungkap gadis yang kerap disapa Can ini.

Ada 2 hal yang menjadi begitu berkesan bagi Kencana saat dirinya menjadi mahasiswa biologi semester 4 saat ini. Yang pertama yaitu, ketika dirinya melaksanakan program pengabdian dan berlokasi di Kajen, Kecamatan Margoyoso. Dia bersama dengan karang taruna setempat berhasil membuat buku yang berisi tentang filosofi dan sejarah – sejarah tentang Desa Kajen.

Bersama dengan karang taruna, Kencana mengumpulkan data maupun informasi dari para sesepuh, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat. Sehingga jadilah sebuah buku yang saat ini sedang berusaha di proses hak ciptanya. Meskipun ia mengaku bahwa tidak terlalu berperan, namun ia tetap senang dapat berkontribusi bersama dengan karang taruna setempat.

Kemudian, hal kedua yang begitu berkesan yaitu ketika Kencana bersama dengan 3 mahasiswi lainnya berhasil mengharumkan nama bangsa berkat keberhasilan mereka dalam ajang International Intellectual Property, Invention, Innovation and Technology Exposition (IPITEX) atau yang lebih familiar dengan nama Thailand Inventor’s Day 2019.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *