Kembangkan Ketrampilan Melalui Batik TilaseRon

oleh -650 views

Seputarmuria.com, PATI – Guna mengembangkan kreatifitas anak, beberapa siswa SD Negeri Slungkep 2 Kecamatan Kayen dilatih bagaimana membatik, Kamis (17/10/2019).

Hal tersebut tentunya salah satu wujud melestarikan batik, khususnya di wilayah Pati selatan. TilaseRon ialah batik yang merupakan salah satu asli dari Kabupaten Pati.
 
Krisno sebagai pelatih mengatakan, hal ini bertujuan membentuk pola pikir anak bahwa alam bisa dinikmati hasilnya. Terlebih ia menyebut, cara pembuatannya tidak harus mengeluarkan biaya banyak. Justru nantinya dinilai punya nilai ekonomi tinggi.
 
“Anak-anak sangat senang, prosesnya mudah dan tidak ribet.  Bahan pun di lingkungan sekitar bisa digunakan. Dari situ anak tidak akan kesulitan mencari bahan dalam pembuatan,” jelasnya.
 
Perlu diketahui, batik TilaseRon telah dikenalkan pada masyarakat Pati baru-baru ini. Batik tersebut, telah dikenal di kawasan lereng pegunungan kendeng. Cara pembuatannya pun menggunakan bahan dari alam, seperti daun pepaya, jati dan lainnya.
 
“Tidak hanya anak SD, kami juga telah mengadakan pelatihan ke beberapa tempat. Seperti pada kelompok pemberdayaan masyarakat, di wilayah Tambakromo. Hal itu tentunya tak lain agar para ibu-ibu khususnya mempunyai keterampilan membatik. Sehingga membantu meningkatkan perekonomian keluarga,” imbuhnya.
 
Ia mengatakan, batik tersebut sudah dipamerkan hingga ke beberapa daerah. “Dengan harapan, mampu menembus pangsa pasar Internasional. Harganya pun cukup variatif. Mulai dari Rp.250 ribu hingga dua jutaan”, pungkasnya. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *