Kembalinya Jamaah Haji di Pati

oleh -487 views

Seputarmuria.com, PATI – Sebanyak delapan bus yang membawa rombongan haji terlihat memasuki halaman Pendopo Kabupaten Pati sekitar pukul 14.45, Rabu (4/9) kemarin. Rombongan jamaah mulai dipulangkan ke tanah air setelah usai melalui tahapan ibadah haji.

Nampak para keluarga dan saudara jamaah pun banyak yang ikut menjemput. Mereka terlihat memenuhi di depan pintu gerbang Setda Pati.

Kasi Haji pada Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Pati Abdul Hamid mengatakan jika jamaah haji mulai memasuki tahapan pemulangan. Pada Rabu (4/9/2019) kemarin sendiri ada dua kelompok yang kembali ke Kabupaten Pati.

Ia menyebut, kepulangan pertama tersebut untuk kloter 58 yang terdiri dari KBIH Moh Dahlan, Permata Margoyoso, IPHI Wedarijaksa, Iphi Trangkil, An Nur Kayen, Iphi Winong, Iphi Pucakwangi, dan Iphi Batangan dengan total 323 jamaah. 

“Sebenarnya dalam kloter itu sendiri ada 324 orang namun satu diantaranya meninggal dunia saat di tanah suci”, ungkapnya.

Kepulangan berikutnya, lanjut ia, disusul oleh kloter 59 yang merupakan perwakilan dari KBIH Al Khidmah Pati, KBIH Zam-zam NU Gembong, dan IPHI Gembong.

“Jumlahnya ada 352 jamaah. Sementara dua diantaranya meninggal di tanah suci dan seorang lainnya mutasi ke kloter 14 karena kebetulan harus mengikuti pelantikan DPRD,” jelasnya.

Sedangkan, untuk hari Kamis (5/9/2019) ini dijadwalkan kepulangan dua kloter yakni kloter 60 direncanakan tiba di Pendopo Kabupaten Pati pada pukul 10.45 dan sekitar pukul 16.30 untuk kloter 61. Dari empat kloter itu sendiri tercatat ada sekitar 1.075 jamaah haji yang dipulangkan dari tanah suci. 

“Hingga saat ini sendiri kami mencatat setidaknya ada tiga orang yang meninggal dunia saat di tanah suci”, imbuhnya.

Ia mengungkap, tiga orang yang dimaksud yakni satu orang dari kloter 58 dan dua orang dari kloter 59. Sebenarnya ada yang berangkat dari kloter 96 sebanyak tiga orang jamaah asal Pati.

“Namun untuk kepulangannya telah dimutasikan dan digabungkan dengan kloter 60 satu orang dan kloter 61 untuk dua orang,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *