Kasus Penemuan Bayi, Banyak Orang Sudah Daftar Ingin Adopsi

oleh -436 views

Seputarmuria.com, PATI – Penemuan sesosok bayi laki-laki tanpa identitas di tepi kali Dukuh Sering RT 7 RW 4, Desa Sumbersari, Kecamatan Kayen, Minggu (11/8/2019) malam, pukul 21.00 WIB mendapat tanggapan dari Dinas Sosial Kabupaten Pati.

Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pati Etik Tri Hartanti saat ditemui mengungkapkan bahwa pihaknya telah mendatangi dan melihat kondisi bayi tersebut, Senin (12/8/2019).

“Kami tadi sudah datang dan melihat kondisi bayi siang tadi. Alhamdulillah secara umum bayi dalam keadaan sehat”, ungkapnya.

Selain itu, Etik menyebut bahwa kondisi bayi saat ini sedang dalam inkubator sebab mengalami kekurangan cairan. Berata badan bayi 2,1 kg sedangkan panjang bayi yaitu 44 cm.

“Saat ini, orang yang diduga orang tua sang bayi sudah ketemu. Namun, sampai saat ini masih dalam penyelidikan dan pemeriksaan polisi setempat”, ujarnya.

Ia pun juga menegaskan bahwa sejak info terkait penemuan bayi tersebut beredar, warga yang mendaftar ke Dinsos pun kurang dari sehari sudah mencapai sekitar 7 orang. Namun, ia meyakinkan bahwa sebelum dilakukan proses pendaftaran maupun seleksi adopsi lebih lanjut, pihaknya tetap menunggu laporan resmi dari Polsek setempat.

“Kita lihat dulu hasil pemeriksaan pihak yang berwenang. Nanti kita liat, orang tuanya seperti apa, masih mau merawat atau tidak, begitupun sang nenek. Sebab, kalau yang diduga ortunya tersebut memang pelaku, bisa dijerat hukum. Namun apabila pelakunya dibawah umur, ya tidak bisa di proses hukum atau penjara”, tegasnya.

Pihaknya menjelaskan, bagi warga yang mendaftar sebagai pengadopsi, akan dinilai dulu melalui skor. Skor ini dilihat dari latar belakang keluarga, apa pekerjaan dan penghasilan. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *