Karate Salah Satu Cabor Kebanggaan Pati

oleh -338 views

Seputarmuria.com, PATI – Pembukaan Kejuaraan Karate tingkat pelajar se – Kabupaten Pati digelar di Gedung Olahraga (GOR) Pesantenan, Sabtu (21/9/2019).

Ketua Panitia, Aris Heru Prasetyo mengatakan bahwa digelarnya kejuaraan ini, bertujuan memunculkan bibit – bibit karateka yang tangguh dan handal yang mampu meraih prestasi di ringkat daerah hingga ke internasional.

“Terbentuknya mental atlet karateka dengan semangat bushido. Yaitu jujur pantang menyerah dan rendah hati. Sebagai wadah ajang generasi muda, khususnya pelajar untuk kegiatan yang positif untuk meraih prestasi dan menangkal pengaruh negatif seperti pergaulan bebas dan narkoba”, jelasnya.

Adapun dalam kejuaraan tersebut, diikuti sebanyak 247 atlet dari 39 kontingen. Kejuaraan ini mempertandingkan Kata perorangan putra putri, Kata beregu putra putri, Kumite perorangan putra putri.

“Kejuaraan ini memperebutkan piala bergilir dan piala tetap Bupati Pati Cup. Tak hanya itu, untuk wasit dan juri yang memimpin pertandingan ialah wasit dan juri Forki Pengprov Jateng yang telah bersertifikat daerah maupun nasional”, pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin dalam arahan sebelum membuka kejuaraan mengatakan bahwa dalam kejuaraan ini, tentu akan melahirkan bibit – bibit yang dapat dipertandingkan di Porprov maupun di tingkat nasional.

“Kemarin – kemarin sempat saya perhatikan dan saya ikuti terus perkembangannya bahwa karate ini merupakan salah satu cabang olahraga dari Kabupaten Pati yang patut dibanggakan”, ujarnya.

Wabup mengajak semua peserta maupun organisasi Forki untuk terus membina bibit – bibit muda serta menjaga kejuaraan seperti ini. Serta kejuaraan seperti ini dapat memberikan gambaran bagaimana agar dapat meraih prestasi di dalam kompetisi.

“Saya titip kepada wasit, agar dapat menilai dengan sebaik – baiknya dan se – sportif mungkin. Karena kejuaraan ini merupakan olahraga prestasi tanpa unsur titip – titipan guna mendapat juara. Serta menjauhi hal – hal diluar sportifitas”, tegasnya.

Semua itu, lanjut Wabup Safin agar para atlet dapat meraih prestasi dengan kemampuan dan potensi mereka tanpa adanya unsur intervensi”, imbaunya.

“Sebab dengan olahraga, dapat membina dan menciptakan karakter serta jiwa sportifitas. Sekarang kita lihat, negara – negara yang memiliki prestasi olahraga yang hebat, maka hebat pula negara tersebut”, pungkasnya.

Wabup meyakini, hal tersebut dapat terjadi melalui pembinaan olahraga yang baik kepada atlet – atlet muda mulai dari kejujuran, sportifitas, selalu berusaha keras serta pengelolaan waktu yang baik demi diraihnya prestasi. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *