Kapolres Terjun Langsung Cek JLS serta Kerusakan Jalan

oleh -4,784 views

Seputarmuria.com, PATI – Kapolres Pati AKBP Bambang Yudhantara Salamun beserta jajarannya berkesempatan melakukan pemantauan arus lalu lintas di wilayah Kabupaten Pati, Senin (30/12/2019).

Adapun pantauan pengalihan maupun rekayasa lalu lintas tersebut dilakukan dimulai dari Tugu Bandeng, yaitu jalan lingkar selatan (JLS) bagian barat.

“Kendaraan dari luar yang masuk ke Kabupaten Pati dan menuju ke pusat kota kita alihkan. Hal ini disebabkan, pusat hiburan peringatan Tahun Baru 2020 nanti bertempat di perempatan Puri yang mana ketika hari – hari biasa sebagai jalur utama kendaraan menuju ke kota. Dan hari ini sudah ditutup karena panggung sudah mulai didirikan”, ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Kapolres, pihaknya telah menetapkan pengalihan jalur dimulai dari jalan lingkar selatan bagian barat. Sehingga apabila ada kendaran yang ingin menuju ke kota, harus melewati pertigaan Tanjang, belok ke kiri dan langsung menuju kota.

“Ini diberlakukan mulai dari jam 6 pagi hingga jam 5 sore tanggal 1 Januari 2020. Ini juga mengingat bahwa panggung yang didirikan cukup besar serta membutuhkan persiapan yang tidak sebentar”, imbuhnya.

Kemudian, Kapolres Pati bersama rombongan berpindah untuk melakukan pengecekan jalan pantura yang berada di Desa Bumimulyo Kecamatan Batangan.

Untuk diketahui, jalan tersebut terdapat kerusakan sehingga dapat membahayakan keselamatan bagi para pengguna jalan.

Kapolres menyebut, hal itu memang menjadi prioritas sebagaimana keselamatan serta kelancaran lalu lintas. Sehingga, pihaknya melakukan pengecekan di jalan utama Pantura Pati. 

“Jalan ini menghubungkan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Disini ada kerusakan baru dikarenakan hujan. Sehingga tanah dibawah kosong dan jalan patah (amblas),” jelasnya.

Terkait jalan rusak tersebut, lanjut Kapolres, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah. Sehingga, dalam waktu dekat akan dilakukan perbaikan. 

“Karena ini jalan nasional maka ini menjadi tanggungjawab provinsi,” imbuhnya.

Dengan adanya kerusakan jalan itu, berdasarkan pantauannya, cukup mengganggu para pengendara. Lantaran, kedalaman sekira 10 sentimeter.

“Sehingga pengendara yang melintas harus hati-hati. Apabila pengendara motor tidak waspada dan tidak melihat jika ada lobang, maka akan berakibat fatal,” ucapnya.

Di lokasi tersebut pun telah diberikan tanda di area lobang. Selain itu, Kapolres juga mengimbau agar pengguna jalan tetap pada jalurnya. 

“Jangan di sisi kanan atau kiri. karena ini bahaya. Kurangi kecepatan kemudian awas terhadap situasi yang ada,” tandasnya.

Untuk diketahui, pada Jalan pantura Juwana – Batangan yang mengalami kerusakan adalah di Desa Ketitang Wetan, Desa Bumimulyo, depan SMA Negeri Batangan, dan Desa Lengkong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *