Kangen Syawalan, Obat Rindu dan Momentum Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

oleh

Seputarmuria.com, REMBANG – JAWA TENGAH – Tradisi Syawalan dibuka secara resmi Senin (9/5/2022) oleh Bupati Rembang Abdul Hafidz.

Proses pembukaan dimulai dari rombongan Bupati , Wakil Bupati Mochamad Hanies Cholil Barro’ dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Rembang berjalan kaki dari kantor Bupati menuju TRP Kartini dengan diiringi dua gunungan kupat dan lepet.

Kelompok tong – tong klek bernama Paguron dari Desa Mondoteko pemenang juara 3 festival tong- tong klek bulan Ramadan tahun ini pun tampil dalam pembukaan Syawalan . Tak hanya itu ,tari kupatan pun ditampilkan dari penari- penari Sanggar Tari Galuh Ajeng.

Dalam kesempatan itu gunungan yang berisi ribuan kupat dan lepet pun dibagikan dan diperebutkan pengunjung yang datang ke syawalan.

Ada sekira 170an pedagang yang terdaftar dalam Syawalan kali ini. Dari kesepakatan sewa mereka akan menempati lapak disana sampai 13 Mei mendatang.

Tak hanya di area wisata saja, pedagang juga ada yang menggelar lapak di pinggir jalan Pantura sekitar Taman Kartini. Ke arah barat sampai depan Kantor Pos, ke arah timur sampai dengan depan Kantor Bupati Rembang.

Mereka menjual berbagai barang seperti mainan anak-anak, gerabah, kerajinan, perabot rumah tangga, bermacam jajanan hingga kelinci peliharaan.

Bupati Hafidz dalam sambutannya mengatakan event bertajuk Kangen Syawalan ini merupakan momentum sebagai upaya peningkatan pertumbuhan ekonomian masyarakat, setelah dua tahun ditiadakan. Pasalnya selama syawalan ini kunjungan wisatawan ke Kota Garam melonjak tajam.

Sejak pasca lebaran sampai Minggu 8 Mei 2022, dari data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten tercatat ada 12 ribu lebih wisatawan berkunjung ke TRP Kartini ini setelah 2 tahun tutup karena adanya pandemi, sedangkan untuk total kunjungan di seluruh destinasi wisata yang ada di Rembang mencapai 227 ribu lebih. Bupati memperkirakan dengan adanya tradisi syawalan di TRP Kartini ini mampu mendongkrak jumlah kunjungan wisata lagi.

“Senin selasa ini gongnya syawalan, mungkin di TRP Kartini tidak hanya 2000, 3000 kunjungan, bisa saja puluhan ribu. Kalau kita hitung katakan 250 ribu besok kita bisa menghitung satu orang mengeluarkan Rp.100ribu berarti Rp. 25 milyar uang yang bergerak di wilayah kita, inilah yang Bapak Presiden inginkan, bisa mengendalikan covid-19 juga pertumbuhan ekonomi cepat,” ungkapnya.

Point of Sales Lengkap
Catatan pembayaran Anda berantakan?
Aplikasi kasir Boskasir menyederhanakan proses penjualan usaha Anda dan mengelola transaksi lebih efisien.

All Device All Platform
Spesifikasi apa saja yang dibutuhkan ?
Minimal RAM 4GB, Spesifikasi lainnya bebas. Support semua OS : Windows, Linux, Android, IOS, Mac OS, Dll. Support Semua Device : PC, Laptop, HP, Tab, Dll.

Kami juga menyediakan jasa input data barang, sangat memudahkan owner bisnis. KLIK www.boskasir.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.