Kampung KB di Desa Gadingrejo Diharap Dapat Menggerakkan Desa Lain di Kecamatan Juwana

oleh -498 views

Seputarmuria.com, PATI – Dengan adanya Kampung KB, harapannya penggarapan Progran Kependudukan KB dan Pembangunan Keluarga, akan semakin intensif sebab langsung menyentuh lapisan masyarakat yang paling bawah.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Pati yang hadir serta meresmikan Pencanangan Kampung KB di Desa Gadingrejo, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Selasa (27/8/2019). Kedatangan Bupati Pati tersebut, disambut begitu meriah oleh warga serta barisan pagar betis oleh anak – anak SD.

Haryanto juga mengapresiasi Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB (DP3AP2KB) Provinsi Jateng, Perwakilan BKKBN Provinsi Jateng, Kades Gadingrejo serta semua masyarakat yang sudah menyiapkan terbentuknya Kampung KB ini.

“Kami berharap nantinya agar masing – masing desa juga dapat mencanangkan Kampung KB. Selain itu, dengan adanya program Kampung KB ini, dapat menyatukan satu program dengan yang lain”, ujarnya.

Haryanto menjelaskan bahwa Kampung KB tidak semata – mata hanya pencegahan pertumbuhan penduduk saja, namun semua aspek dapat menyatu. Seperti Posyandu, program untuk lanjut usia (lansia), ekonomi produktif, pertanian dan seterusnya.

“Semua ini agar semua sektor tersebut bisa bergerak bersama – sama yang akhirnya masyarakat sejahtera”, tegasnya.

Bupati juga menyebut bahwa, apabila tidak ada pengendalian yang sistematis dan terukur dengan baik, maka peledakan penduduk akan terpusat di Jawa. Padahal masyarakat luar Jawa pun ingin ke Jawa. Hal ini lantaran Jawa lebih mudah dijangkau, dan lebih murah. Apa – apa mudah.

“Oleh karena itu, Desa ini dicanangkan agar dapat menggerakkan desa yang lain. Saya berterimas kasih, kepada Kades, PKK dan seluruh elemen atas upaya – upaya yang telah dilaksanakan demi terlaksananya Kampung KB ini”, ucapnya.

Di akhir sambutan, Bupati Pati mengingatkan agar pencanangan Kampung KB ini tidak berakhir di hari ini saja, namun dapat terus berkelanjutan.

“Pencanangan yang dimulai hari ini merupakan simbol dimulainya Kampung KB di seluruh desa di Kecamatan Juwana”, pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *