Kabupaten Pati Jadi Rujukan Studi Banding Kabupaten Pekalongan Atas Penerapan Tanda Tangan Elektronik

oleh -314 views

Studi banding di aula Diskomimfo Pati

Seputarmuria.com, PATI – Kabupaten Pati kembali menjadi rujukan studi banding dari daerah lain. Kali ini, Dinas Komunikasi dan lnformatika Kabupaten Pati menerima kunjungan kerja dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pekalongan di Aula Dinas Kominfo Kabupaten Pati, Kamis (4/7).

Tak hanya Kepala Dinas beserta kabid dan para staf Dinas Kominfo, namun hadir juga Kabag Humas dan Kasubbag Lembaga Penyiaran Publik.

Kepala Dinkominfo Indriyanto dalam sambutannya mengatakan, Pati merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah dengan penerapan tanda tangan elektronik. Dalam rangka menjalankan tata kelola pemerintahan, ini hal yang penting karena dianggap efektif dan efisien.

“Memang sudah 1 tahun lebih ini sudah kami terapkan di beberapa OPD , dan Insya Allah tahun ini akan kami terapkan di seluruh OPD,” jelas Indriyanto.

Menanggapai kegiatan ini, Kepala Diskominfo Kabupaten Pekalongan Anis Rosidi menyampaikan, salah satu tujuannya dalam studi banding ini ialah tanda tangan elektronik yang sudah diterapkan di Kabupaten Pati. Pihaknya ingin mempelajari eperti apa aplikasinya dan bagaimana standar operasional prosedurnya di Kabupaten Pati.

“Kita mulai bersama sama dalam hal ini, namun tiap kabupaten pasti mempunyai strategi yang berbeda sedang kita memiliki jarak yang berbeda,” jelasnya .

Anis menyebut, Kabupaten Pati dipandang lebih dalam hal keamanan informasi dan pengolahan data dibanding Kabupaten Pekalongan. Oleh sebab itu, ia mengaku ingin ngangsu kaweruh, khususnya dalam regulasi-regulasi terkait standar operasional dari keamanan informasi dan juga persandian.

“Pati sebagai tempat tujuan studi banding yang kami pilih, bukan atas dasar kedekatan kami. Melainkan karena memang ada hal baik agar nanti bisa kita implementasikan dikabupaten Pekalongan,” pungkasnya.

Di kunjungan kerja kali ini, Kepala Dinkominfo Kabupaten Pekalongan didampingi Mila Ratna Ningrum selaku Kasisantel, Basuki Rachmat Kasi Statistik, bersama beberapa staf. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *