Kabupaten Pati Gudangnya Para Juara MTQ

oleh -10 views

Seputarmuria.com, PATI – Pendopo Kabupaten Pati menjadi lokasi pembukaan MTQ pelajar ke XXXV dan MTQ umum ke XXVIII tingkat Kabupaten Pati tahun 2019, Rabu (11/9/2019).

Kabag Kesra Setda Kabupaten Pati, Heri Supriyono dalam laporannya mengatakan bahwa dalam ajang ini, diikuti oleh 21 kafilah dari 21 Kecamatan se Kabupaten Pati.

Adapun rincian masing – masing kecamatan ialah, MTQ pelajar sebanyak 16 orang, MTQ umum 12 orang dan official 3 orang. Sehingga jumlah seluruh peserta sebanyak 588 peserta dan 63 official.

“Acara ini bertujuan untuk memasyarakatkan, membudayakan membaca Al Qur’ an sejak dini sehingga membaca Al Qur’an menjadi kebiasaan dan tradisi bagi masyarakat di Kabupaten Pati”, ujarnya.

Kemudian, lanjut dia, meningkatkan semangat untuk lebih memahami Al Qur’an, sehingga terbentuk karakter islami sejak dini.

“Memperkuat tali silaturahmi, sehingga terjalin ukhwah islamiyah, ukhuwah basyariyah dan ukhuwah wathaniyah”, imbuhnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan acara yang diikuti oleh ratusan peserta ini terbagi menjadi 12 tempat yang tersebar di lingkungan Setda Kabupaten Pati.

Sementara itu, Bupati Pati Haryanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan setiap tahunnya. Hal ini dalam rangka sebagai upaya untuk mencerdaskan anak bangsa.

“Bahkan agenda rutin tiap tahunnya ini tidak hanya di tingkat kabupaten saja, namun lanjut ke tingkat provinsi, nasional hingga internasional. Oleh karena itu, dalam rangka menyelenggarakan kegiatan MTQ ini, pemkab telah jauh hari sudah mempersiapkan”, ujarnya.

Hal ini terbukti, lanjut Bupati, dua tahun berturut – turut mendapat juara umum. Pihaknya mengungkap, pernah kala itu Bupati pagi menyerahkan piala bergilir kepada gubernur, dan sorenya menerima kembali piala tersebut karena mendapat juara. Yaitu tepatnya di tahun 2017.

“Begitu juga di tahun 2018, mendapat juara lagi. Jadi dua tahun berturut – turut. Hal ini juga didukung oleh dewan juri kita yang kualitasnya pernah melaju mengikuti kompetisi di tingkat provinsi, nasional bahkan internasional. Mereka lah yang telah berjasa mendidik anak – anak kita”, imbuhnya.

Tak hanya itu, Kabupaten Pati saat ini mewakili Jawa Tengah di ajang serupa tingkat nasional yang bertempat di Samarinda hingga bulan Oktober 2019.

“Hal ini tidak mengherankan sebab Kabupaten Pati memang gudangnya untuk hal – hal seperti ini”, pungkasnya. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *