Jumat Beradat di Lingkungan Pemkab Pati

oleh -1,293 views

Seputarmuria.com, PATI – Memasuki pekan pertama di bulan Oktober 2019, yaitu Jumat (4/10/2019) mulai diberlakukan pemakaian baju adat di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Pati. Hal ini adalah tindak lanjut berlakunya Peraturan Bupati nomor 54 tahun 2019 tentang Penggunaan Pakaian Adat Pati.

Wakil Bupati Pati Saiful Arifin mengatakan bahwa ini sesuai Perbub nomor 54 tahun 2019 dan instruksi dari Gubernur Jawa Tengah, para ASN diwajibkan memakai pakaian Adat Jawa Tengah setiap sebulan sekali. Untuk Kabupaten Pati sendiri, pakaian adat dikenakan setiap hari Jumat minggu pertama.

“Hal ini merupakan salah satu upaya dalam melestarikan budaya. Namun, untuk saat masih pejabat struktural yang memakai baju adat di hari Jumat minggu pertama setiap bulannya”, ujarnya saat diwawancarai.

Sedangkan untuk seluruh ASN, lanjut Safin, rencananya akan menyusul untuk menggunakan pakaian adat yang dimulai pada bulan November.

“Ini juga upaya untuk menghargai budaya Kabupaten Pati. Saat ini memang diawali dari pejabat struktural di Pemkab Pati, namun kedepan tidak menutup kemungkinan seperti lembaga yang lain seperti sekolah – sekolah pun turut berpartisipasi. Sebab dengan ini otomatis mengenalkan budaya kepada masyarakat”, imbuhnya.

Terkait sanksi bagi pejabat struktural maupun staf yang nantinya tidak mengenakan pakaian adat, Safin menyebut bahwa memang belum ada pembahasannya. Menurutnya, memakai pakaian adat berawal dari kesadaran diri sendiri terlebih dahulu untuk membudayakan.

Tak hanya untuk mengenalkan budaya saja, Safin menegaskan bahwa dengan menggunakan pakaian adat yang dipadu dengan batik, secara otomatis juga menguatkan industri batik yang ada di Kabupaten Pati.

“Dengan demikian harapannya, industri batik di Kabupaten Pati dapat terus berkembang”, pungkasnya. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *