Jepara Luncurkan e-Catalog Lokal Keciptakaryaan

oleh -198 views

Seputarmuria.com, JEPARA – JAWA TENGAH – Kabupaten Jepara kini memiliki e-catalog lokal bidang keciptakaryaan. Bernama E-Loksicika, katalog ini secara resmi diluncurkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko di Hotel D Season Jepara pada Rabu, 29 November 2023.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Ary Bahtiar dan Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setda Jepara Hasanuddin Hermawan.

Nama E-Loksicika merupakan akronim dari “elektronik katalog sektor konstruksi keciptakaryaan”.

Menurut Edy Sujatmiko, E katalog ini adalah pedoman untuk perangkat daerah dalam penyelenggaraan pengadaan barang atau pekerjaan melalui e purchasing di bidang keciptakryaan.

“Agar prosesnya cepat, transparan, dan efisien,” kata Edy Sujatmiko.

Selain itu, digitalisasi pengadaan barang/jasa secara elektronik memudahkan pemilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan, kualitas, merk, dan fungsi layanannya.

Dengan keberadaan E-Loksicika, sejumlah komoditas barang dan jasa sudah ditampilkan di etalase katalog. Pada komoditas ini, pemilihan penyediaanya melalui katalog tersebut.

“Yang belum ada, baru melalui e-catalog lain. Tapi yang belum tayang ini harus agar dapat segera ditayangkan,” katanya.

Kepala Bidang Cipta Karya DPUPR Hanief Kurniawan menjelaskan, E-Loksicika merupakan kegiatan pembuatan etalase jasa konstruksi pada pekerjaan keciptakaryaan menggunakan platform E-katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP).

“Katalog jasa konstruksi merupakan hal baru yang digunakan pada pengadaan barang. Makanya peluncuran ini kami rangkai dengan bimbingan teknis, baik untuk pejabat pembuat komitmen (PPK) dan tim profesi ahli, maupun untuk penyedia jasa konstruksi,” jelasnya. PPK berasal dari sebelas perangkat daerah penyelenggara pengadaan barang dan jasa di bidang keciptakaryaan. (Ed).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *