Jelang Festival Kopi Pati 2019, Petani Mulai Serahkan Biji Kopi untuk Dicupping

oleh -223 views

Seputarmuria.com, PATI – Acara Festival Kopi Pati 2019 tinggal menghitung hari. Para petani kopi dari 14 desa penghasil kopi di Kabupaten Pati mulai menyetorkan contoh biji kopinya guna diuji cita rasa.

Petani diberi waktu hingga hari ini untuk menyerahkan biji kopinya ke Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Pati.

”Sudah ada delapan sampel biji kopi yang dikirimkan. Yang diserahkan dalam bentuk green bean. Total nanti ada sekitar 14 sampel biji kopi yang akan kami uji cita rasa (Red, cupping), “ terang Kasi Promosi Produk Daerah pada Dinas Perdangan dan Perindustrian Kabupaten Pati, Alfianingsih.

Uji cita rasa sendiri akan dilaksanakan di hari pertama Festival Kopi Pati 2019, pada Sabtu (28/9) di Plaza Pragolo. Uji cita rasa akan dilakukan oleh cupper-cupper yang sudah professional di dunia perkopian.

Sejumlah petani yang sudah menyerahkan sampel biji kopinya adalah para petani dari Bageng, Perdopo, Jrahi, Payak, Nglumpit dan lainnya.

”Kami menunggu hingga hari ini. Supaya para petani menyerahkan sampel bijinya. Harus ada tenggat waktu lantaran proses untuk cupping sendiri cukup panjang. Mulai dari pemilahan bijinya, roasting, hingga diseduh,” imbuhnya.

Untuk diketahui, bahwa cupping merupakan satu dari sekian proses penting dalam dunia kopi. Melalui uji cita rasa tersebut, petani dapat mengetahui bagaimana kopi yang dihasilkannya .

”Banyak hal penting dari kegiatan cupping atau uji cita rasa. Skor yang tinggi tentu akan berdampak pada nilai jualnya. Namun, harus diperhatikan bagaimana prosesnya,” kata Bagus Pristanto, Q Grader sekaligus owner dari Java Legend Cofee Lab and Roastery. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *