Jelang CAT CPNS, Pemkab Pati Siapkan Sarpras

oleh -340 views

foto : ilustrasi

Seputarmuria.com, PATI – Pemkab Pati mendapatkan 494 slot formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 ini. Tahapan pendaftaran dimulai hari Senin, (11/11/2019). Pemkab Pati kini tengah berkoordinasi dengan pemerintah pusat lantaran pelaksanaan computer asssisted test (CAT) nantinya bakal dilaksanakan di masing-masing daerah.

Plt Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Pati Jumani melalui Kabid Formasi dan Jabatan Rizki Hermanu menjelaskan, seleksi CPNS 2019 ini diserahkan kepada daerah. Berbeda dengan sebelumnya bahwa pelaksanaan di tahun ini ditangani oleh provinsi dan pemkab/pemkot hanya mengirimkan peserta di provinsi untuk mengikuti tes CAT.

“Sebab tahun ini diserahkan kepada daerah, maka semua infrastruktur pendukung disiapkan juga oleh daerah. Untuk itu kami saat ini tengah berkonsultasi kepada Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah di Jakarta. Ini saya masih di Jakarta untuk berkonsultasi tentang hal tersebut,” ujarnya saat dihubungi melalui gadget.

Ia menyebut, nantinya tempat dan sarana prasaran tes CAT CPNS menunggu hasil dari konsultasi serta menunggu kebijakan. Apakah tempat dan infrastruktur pendukung akan diswakelolakan atau dilelang. Hal itu juga akan dilaksanakan secepatnya. Apabila tahun ini sudah bisa, akan dilelang atau diswakelolakan.

“Kami belum memastikan tempat dan jumlah komputernya. Karena akan ditentukan tempat dan komputernya setelah mengetahui jumlah pendaftarnya. Yang jelas tes CAT bisa dilaksanakan secara bergantian menyesuaikan dengan tempat dan komputernya, serta pendaftarnya,” imbuhnya.

Ia mengatakan, pendaftar CPNS 2018 lalu mencapai 8.000 orang dengan kuota hanya 526 formasi. Sementara itu tahun ini kuota untuk Pemkab Pati hanya 494 formasi untuk tenaga pendidik, kesehatan, dan satu tenaga teknis. Paling banyak untuk tenaga guru mencapai 328 formasi. Ratusan guru tersebut nantinya akan ditempatkan untuk mengisi kekosongan.

Seperti yang diketahui Pemkab Pati mengusulkan 921 formasi CPNS 2019 ini. Usulan tersebut untuk mengisi kekosongan PNS yang sudah pensiun, Terlebih untuk tenaga teknis sudah banyak yang pensiun. Namun pemerintah hanya memberikan satu slot tenaga teknis dari alokasi 494 formasi untuk Pati. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *