Jaga Kemabruran Haji dengan Jaga Perilaku dan Keimanan

oleh -515 views

Seputarmuria.com, PATI – Begitu seseorang pulang dari menunaikan ibadah haji di tanah suci, ia harus lebih menjaga perilakunya. Sebab, predikat haji yang disandang seseorang akan membuat dirinya semakin menjadi sorotan.

Hal tersebut disampaikan Haryanto ketika menghadiri acara Peringatan Tahun Baru Hijriah 1441 H, Penyambutan Jamaah Haji 2019, dan Pengukuhan Pengurus Majelis Taklim Perempuan (MTP) Se-Eks Kawedanan Pati Masa Bakti 2019-2024 di Gedung Haji Kabupaten Pati, Sabtu (19/10/2019). Acara tersebut diselenggarakan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Kabupaten Pati.

“Apabila pulang haji, bukan berarti sudah segala-galanya. Justru kita malah semakin menjadi sorotan kalau punya predikat haji atau hajah. Kalau berbuat salah sedikit saja, pasti ada yang komentar, itu haji kok seperti itu?” ujar Haryanto yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Daerah IPHI Kabupaten Pati.

Lanjut Haryanto, menjaga perilaku dan meningkatkan keimanan serta keislaman selepas berhaji merupakan suatu bentuk upaya menjaga kemabruran haji.

Haryanto menyebut, bergabung di organisasi IPHI salah satu upaya yang bisa dilakukan alumni jamaah haji untuk menjaga kemabruran hajinya. Sebab, dalam IPHI, seseorang bisa menjaga persaudaraan dengan sesama jamaah haji.

“Apakah tidak boleh di organisasi lain? Tentu boleh. Namun, organisasi yang khusus sepulang haji ya IPHI ini. Organisasi ini dapat memudahkan kita untuk bersosialisasi maupun melestarikan kemabruran haji. Karena kita sering berkumpul dan bertemu dengan agenda-agenda yang dilakukan,” ujarnya.

Kepada pengurus MTP IPHI yang baru saja dikukuhkan, Haryanto mengucapkan selamat. Ia berharap, kepengurusan yang baru ini bisa mengemban amanah dan tugas-tugas yang diberikan organisasi.

“Selain itu juga bisa memotivasi IPHI di kecamatan-kecamatan lain yang belum membentuk kepengurusan MTP yang baru”, ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Haryanto juga berkesempatan menyerahkan Kartu Haji pada perwakilan jamaah haji 2019.

“Masih belum semua yang mendapat kartu haji, bertahap. Nanti kita upayakan semua dapat,” tegasnya.

Bagi Bupati, manfaat dari Kartu Haji ialah sebagai identitas diri anggota jamaah haji. Keuntungan lain dari kepemilikan kartu haji ialah bagi jamaah yang akan berangkat umroh dan mempunyai kartu haji, akan mendapatkan diskon dari biro perjalanan yang bekerjasama.

Untuk diketahui, seperti yang telah disampaikan Ketua Panitia Suwarsih Agung, dalam acara tersebut terdapat empat Pengurus Cabang MTP IPHI Kabupaten Pati yang dikukuhkan, yakni dari Kecamatan Pati, Margorejo, Gembong, dan Tlogowungu.

Selain itu, ada pula pemberian santunan kepada 110 anak yatim-piatu, santunan kepada anak asuh, pemberian bantuan kepada 6 Panti Asuhan, dan santunan pada anggota jamaah yang sedang sakit. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *