Jadikan Komik Kunyit Media Edukasi, Bintang Bawa Pulang Juara 2 Nasional

oleh -436 views

Seputarmuria.com, KUDUS – SMK Wisudha Karya Kudus Cabang Pendidikan Wilayah III Provinsi Jateng patut berbangga diri lantaran siswanya berhasil mengharumkan nama sekolah.

Ananda Bintang Kusumaningrum kelas Xl SMK Wisudha karya Kudus Cabdin lll Prov Jateng berhasil membawa pulang juara 2 dalam Lomba Kurkumin Esai, Presentasi Poster Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Farmasi UGM Yogyakarta 25-26 Oktober 2019.

Muzakki Bashori selaku pembina mengungkapkan bahwa persiapan lomba kurang lebih 1 pekan. Ia juga mengatakan bahwa lomba ini digelar dalam rangka Dies Natalis Fakultas Farmasi UGM. Dan untuk peserta sendiri berasal dari Batam, Lamongan, Badegan, Jombang, Kudus. Mereka Ini finalis yang lolos hingga 5 besar.

“Kurkumin nama event lomba nya. Lomba nya awalnya berupa seleksi naskah esai. Yang lolos final 5 besar, kemudian diminta untuk melakukan presentasi dan menyiapkan poster terkait esai nya”, ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (29/10/2019).

Muzakki menyampaikan, untuk judul yang dibawakan, ialah “Komik Kunyit Asam Sebagai Media Edukasi Jamu Bagi Pelajar”. Ia menjelaskan, makna dari judul tersebut yaitu sebuah media edukasi dan promosi jamu bagi para pelajar di Indonesia sebagai salah satu strategi kreatif.

“Hal tersebut sebagai upaya mempertahankan eksistensi obat tradisional, khususnya jamu, sebagai penunjang kesehatan masyarakat. Inovasi komik ini diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran (awareness) para pelajar di Indonesia akan pentingnya mengetahui potensi jamu sebagai salah satu obat tradisional dalam menunjang kesehatan masyarakat”, imbuhnya.

Sekaligus, lanjutnya, mengajak pelajar untuk mengonsumsi jamu dan menghapus stigma negatif bahwa jamu itu kuno, berbahaya dan tidak lebih baik dari obat kimia.

Ananda Bintang peraih juara 2 dalam lomba tersebut ketika dihubungi mengucapkan rasa syukurnya atas raihan prestasi yang telah didapatnya.

“Alhamdulilah senang sekali, dan tidak menyangka bisa mendapatkan juara 2”, ujarnya.

Ia mengaku bahwa lomba tersebut sebenarnya kerja tim. Namun, ketika lomba, rekan tim nya berhalangan hadir sehingga ia secara individu menyampaikan isi esai yang dibuat.

“Saya dapat mengikuti lomba karena dipilih oleh sekolah. Tentunya prestasi ini diraih dengan bimbingan dari Pak Muzakki selaku pembimbing”, ucapnya.

Sementara itu, menanggapi hal tersebut, Kepala Sekolah Wisudha Karya Kudus Fakhrudin menyampaikan apresiasinya kepada muridnya tersebut.

“Alhamdulillah, mewakili warga sekolah, kami berterima kasih pada Ananda Bintang. Semoga ke depannya bisa banyak lagi prestasi prestasi yang diraih oleh anak – anak SMK Wisudha Karya”, harapnya. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *