IPMAFA Titipkan 206 Mahasiswanya Kepada Masyarakat

oleh -366 views

Seputarmuria.com, PATI – Senin (22/7/2019), Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) Pati melepas sebanyak 206 mahasiswa untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) di dua kecamatan, yakni Cluwak dan Dukuhseti.

Acara pelepasan yang berlangsung di Aula Kecamatan Cluwak, dihadiri oleh perwakilan Bappeda Pati, Forkopimcam Cluwak, camat Dukuhseti, para kepala desa, serta seluruh mahasiswa KKN.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPMAFA Dimyati menjelaskan, panitia KKN mengambil tema ‘”Optimalisasi peran Komunitas menuju Masyarakat yang Berdaya, Berbudaya, dan Religius”.

Dengan tema tersebut, Dimyati menilai, tema ini sangat selaras dengan kondisi saat ini.

Ia titip para mahasiswa KKN nya kepada masyarakat agar dapat dibimbing dan diawasi.

KKN berlangsung selama 45 hari, yakni 22 Juli hingga 4 September 2019, mahasiswa KKN akan berada bersama masyarakat untuk belajar dan menjalankan berbagai program.

“IPMAFA merupakan kampus yang dibangun oleh masyarakat Pati dan berharap akan memberikan manfaat untuk masyarakat kembali,” ujarnya.

Tak lupa, Dimyati juga menjelaskan makna tema yang diambil tersebut saat menyampaikan sambutan.

“Berdaya berarti mampu mandiri dengan potensi yang dimiliki. Berbudaya merupakan ciri khas untuk tidak meninggalkan kekayaan budaya lokal. Sementara, religius menekankan bahwa agama itu penting bagi masyarakat dan menjadi dasar dalam kehidupan sehari-hari,” tegasnya.

Membacakan sambutan dari Bupati Pati Haryanto, perwakilan Bappeda Aniq menyampaikan, Bupati berharap, pihak kampus, aparat desa, dan masyarakat- dapat bersinergi dan bekerja sama menjalankan kegiatan KKN agar bermanfaat untuk masyarakat.

Bupati Pati Haryanto juga berpesan agar mahasiswa senantiasa menjaga etika selama KKN di masyarakat serta menjaga nama baik almamater.

Selanjutnya, mahasiswa KKN langsung menuju lokasi masing-masing untuk menjalankan program yang telah disiapkan. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *