Hindari Penyalahgunaan Dana BOSP, Kepala SMP di Pati Dibekali Penggunaan CMS

oleh -148 views

Seputarmuria.com, PATI – Pemerintah Kabupaten Pati melalui Disdikbud Kabupaten Pati melakukan pemantapan penggunaan Cashless Management System’ / CMS) untuk pengelolaan dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) SMP Negeri se – Kabupaten Pati.

Pemantapan yang digelar di Pendopo Kabupaten Pati, Senin (19/2/2024) tersebut dihadiri oleh puluhan kepala sekolah SMP Negeri. Adapun pembayaran sistem nontunai ini, khususnya untuk pembelanjaan biaya operasional satuan pendidikan (BOSP).

Ditemui usai acara, Sekretaris Disdikbud Pati Paryanto mengatakan, mulai awal 2024, semua pembelanjaan dana BOSP ini, menggunakan manajemen dana nontunai (CMS). Selain mempermudah pembayaran dan efisien waktu, serta dan menghindari penyalahgunaan dana BOSP.

“dana tunai itu rawan untuk digunakan, juga meminimalkan kehilangan uang. Karena ngambil uang dari Bank Jateng bawa duit banyak kemudian sekolahnya jauh dari bank itu kan juga resiko itu yang jelas,” ujarnya.

Selain pengelolaan dana BOSP, layanan digital ini juga memudahkan penyusunan lembar kerja peserta didik (LKPD).

Sekretaris Disdikbud Pati menegaskan, pemanfaatan dana BOS itu bisa optimal, dan dapat memantaunya setiap saat. Untuk tingkat SD, yang kini masih uji coba, direncanakan Juli mendatang semuanya menggunakan sistem menejemen nontunai dalam pengelolaan BOSP-nya.

Sementara Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro merasa yakin, penerapan sistem manajemen nontunai itu sudah sesuai aturan yang direncanakan. Sehingga akan memudahkan kepala dan bendahara SMP, dalam pembelanjaan bantuan operasional satuan pendidikan (BOSP).

“Kita berikan apresiasi, dengan apa yang telah dilakukan ini. Terakhir bahkan dari pemeriksaan BPK sudah langsung menanyakan apa sudah diuji coba CMS tersebut, jawabnya gampang, sudah, ada 15 sekolah,” pungkasnya. (Er)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *