Harapan Dandim 0718/Pati Di Acara Larung Sesaji

oleh -7 views

Seputarmuria.com, PATI – Minggu (16/6/2019), telah dilaksanakan prosesi larung sesaji sedekah laut Juwana, yang bertempat di Dermaga Desa Bendar Rt 02 Rw 04 Kec. Juwana Kabupaten.

Kegiatan tahunan ini dihadiri juga oleh, Bupati Pati Haryanto, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, Dandim 0718/Pati Letkol Arm. Arief Darmawan, Kapolres Pati AKBP Jon Wesley Aryanto, Anggota DPRD Pati, Kepala Syah Bandar Juwana Dedi Junaidi, Camat Juwana, Danramil 02 Juwana, Kapolsek Juwana, Kades Bendar, Bajomulyo, Kedungpancing, Bumirejo, Trimulyo.

Rasmijan mengatakan bahwa prosesi Larung Sesaji sedekah laut Juwana dengan kirab budaya yang dimulai dari lapangan Kendali Sodo Desa Bendar.

“Kirab ini diikuti dari berbagai daerah dengan menampilkan miniatur kapal dan Sesaji yang akan dilarung”, jelasnya.

Adapun arak – arakan yang turut serta dalam acara ini yaitu rombongan Seni Barong. Marching Band dari SDN Bendar, Grub Aerobics Hok’a Hok’e oleh Ibu-ibu Desa Bendar, Grub Sehat Ceria oleh Ibu-ibu Desa Bendar serta berbagai elemen masyarakat untuk menyemarakkan acara ini.

” Kegiatan ini merupakan tradisi yang dilakukan oleh 5 Desa Nelayan di wilayah Kec. Juwana yakni Desa Bendar, Bajomulyo, Kedungpancing, Bumirejo, Trimulyo,” ujarnya.

Komandan Kodim 0718/Pati Letkol Arm Arief Darmawan, yang turut hadir mendampingi Bupati turut antusias dalam rangkaian acara yang disaksikan oleh ribuan masyarakat.

” Kegiatan sedekah laut ini merupakan bentuk syukur masyarakat sekitar. Selain itu, tujuan larung sesaji agar semoga Allah SWT memberikan keselamatan, rejeki yang berlimpah serta di berikan kemudahan,” doanya.

Puncak acara larung sesaji ini adalah penyerahan sesaji dari lima Kades kepada Bupati Pati dan dilanjutkan dengan penyerahan sesaji kepada Panitia untuk dilarung ke Laut dengan menggunakan dua buah kapal tambang yang telah disiapkan oleh panitia. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *