Habib Syech Menegaskan, Adab Merupakan Hal Penting Dalam Bermasyarakat

oleh -513 views

Seputarmuria.com, PATI – Nabi Muhammad SAW selalu mendidik umatnya untuk hidup rukun antara satu dengan yang lain. Dan selalu mengajak umatnya untuk dapat mengoreksi diri sendiri sebelum mengoreksi orang lain.

Wejangan tersebut disampaikan oleh Habih Syech dalam acara Gema Pati Bersholawat yang digelar di komplek Alun – alun Pati, Selasa (3/9/2019). Beliau mendapat kehormatan memberikan ceramahnya sebelum acara inti dimulai.

“Hitung – hitung dulu kesalahan kalian, hitung – hitung dahulu kekurangan kalian, hitung – hitung dulu dosa kalian, jangan suka menghitung dosa dan kesalahan orang lain. Orang hidup ya seperti itu kalau mau selamat. Namun kalau orang hidup hanya mengoreksi orang lain saja, dia tidak akane dapat apa – apa dan tidak mungkin akan bahagia”, paparnya di hadapan ribuan masyarakat Pati.

Beliau mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Pati juga syecher – syecher mania dimanapun berada, apabila ingin hidup bahagia di dunia maupun di akhirat, agar seyogyanya dapat membuat bahagia orang – orang di sekitar.

“Buat mereka senang, buat mereka bahagia, buat mereka gembira, bantu meringankan beban – beban mereka, maka Allah SWT pun akan meringankan beban kita. Dengan begitu, kalian akan dapat kenikmatan di dunia maupun di akhirat”, pesannya.

Beliau mengingatkan, janganlah menjadi manusia yang justru malah dimusuhi oleh orang – orang disekitar. Namun, jadilah orang yang dimanapun dapat membuat senang, kehadirannya selalu dinantikan oleh orang lain.

“Apabila orang – orang mengikuti para ulama – ulama terdahulu, mereka yang mendahulukan adabnya, mereka yang mendahulukan akhlaqnya, baru ilmu lah yang mereka tularkan. Orang sekarang kan banyak yang sombong, hapal ini, hapal itu. Meski demikian, hapal ini hapal itu apabila tidak mempunyai adab dan akhlaq, maka tidak ada apa – apanya disisi Allah SWT”, tegasnya.

Hal ini lantaran, beliau meyakini bahwa adab merupakan bagian yang paling penting. Oleh karena itu, semua masyarakat yang ada, perlu menunjukkan adabnya dimanapun berada dan kepada sesama.

“Kaum muslimin dimanapun berada, wajib bagi kalian menonjolkan adab kepada sesama. Tunjukkan bahwa kalian umat Nabi Muhammad SAW. Kami umat nabi yang menjadi contoh untuk semua adab maupun kebaikan”, jelasnya.

Di beberapa saat sebelum acara dimulai, Habib yang sempat beramah tamah di ruang Pringgitan, Pendopo Kabupaten Pati memuji hidangan yang disajikan untuknya yaitu buah jeruk.

“jeruk Pati itu jeruk Surga”, tuturnya singkat. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *