Guru Mengaji Perlu Dibekali Wawasan Kebangsaan untuk Ditularkan pada Generasi Muda

oleh

Seputarmuria.com, PATI – Bupati Pati Haryanto menilai, para guru mengaji perlu mendapat bekal wawasan kebangsaan untuk ditularkan kepada anak-anak.

Yaitu, Wawasan kebangsaan yang dimaksud tidak terlepas dari empat pilar utama, yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI Harga Mati.

Hal ini dalam rangka menangkal degradasi rasa nasionalisme akibat munculnya paham-paham radikalisme yang memecah-belah bangsa.

Hal tersebut disampaikan Bupati Haryanto ketika membuka Workshop Wawasan Kebangsaan dan Penguatan Lembaga DPD Per-Guji (Persatuan Guru Ngaji) Pati di Aula Pondok Pesantren Asmaul Husna Mina, Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong, Selasa (17/5/2022). Adapun Workshop ini mengusung tema “Upaya Menangkal Radikalisme”.

“Guru ngaji memilik peran fundamental dalam membentuk karakter kebangsaan pada anak-anak generasi penerus,” ucap dia.

Menurutnya, saat ini banyak pengaruh negatif yang berpotensi “menyerang” anak-anak. Terlebih di zaman kemajuan teknologi informasi, di mana banyak anak-anak kecanduan gawai atau telepon pintar.

Ia mengatakan, ada banyak cara untuk merusak generasi muda. Di antaranya melalui narkoba dan paham radikalisme atau ekstremisme beragama.

“Yang bisa menangkal pengaruh negatif itu ialah para guru yang mendidik anak-anak baca tulis Al-Qur’an dan ilmu agama, di tempat pendidikan Islam yang tidak terkontaminasi ajaran yang berbau radikalisme,” ujar Haryanto.

Ia mengungkapkan, menyadari betapa pentingnya peran guru mengaji, pihaknya senantiasa berupaya memberikan apresiasi.

Di antaranya melalui bantuan kesejahteraan yang diberikan rutin setiap tahun.

“Selama 9 tahun lebih saya menjabat sebagai bupati, alhamdulillah saya bisa bantu guru TPQ maupun madin. Sekalipun nilainya tidak banyak, dulu Rp 250 ribu sekarang Rp 900 ribu (per orang). Kalau ditotal tidak kurang dari Rp 12 miliar per tahun, belum termasuk pengurus tempat ibadah,” pungkasnya. (Er)

Point of Sales Lengkap
Catatan pembayaran Anda berantakan?
Aplikasi kasir Boskasir menyederhanakan proses penjualan usaha Anda dan mengelola transaksi lebih efisien.

All Device All Platform
Spesifikasi apa saja yang dibutuhkan ?
Minimal RAM 4GB, Spesifikasi lainnya bebas. Support semua OS : Windows, Linux, Android, IOS, Mac OS, Dll. Support Semua Device : PC, Laptop, HP, Tab, Dll.

Kami juga menyediakan jasa input data barang, sangat memudahkan owner bisnis. KLIK www.boskasir.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.