Gunungwungkal Gelar Semarak Kemerdekaan Melalui Kirab Merah Putih

oleh -461 views

Seputarmuria.com, PATI – Memperingati HUT ke 74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019 ini berbeda dengan tahun sebelumnya, yakni kirab merah putih. Pasalnya, ini merupakan gagasan dari Muspika bersama Kepala Instansi, Ormas Kepemudaan serta masyarakat Sekecamatan Gunungwungkal.

Peserta kirab bersiap sejak pagi, sebagai informasi bahwa rute yang dilalui peserta sebanyak 1.200 orang ini cukup jauh. Yaitu sekitar 65 km dengan melewati 15 desa. Perkiraan waktu tempuh ialah 4 jam 15 menit.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Gunungwungkal Eko Purwantoro, Danramil 14/Gunungwungkal Kapten Inf Sudirman, Kapolsek Gunungwungkal Iptu Agus Pranowo, Kepala Desa sekecamatan Gunungwungkal, Banser kecamatan Gunungwungkal, Pemuda Pancasila, Paskibraka Kecamatan Gunungwungkal, Pencak silat cempaka putih, Masyarakat kecamatan Gunungwungkal dan Instansi sekecamatan Gunungwungkal.

Sebelum pemberangkatan, diawali dahulu dengan penyerahan Bendera Merah Putih dari pasukan Paskibra Kecamatan Gunungwungkal kepada Camat Gunungwungkal Eko Purwantoro. Selanjutnya bendera tersebut, dipasang pada kendaraan yang akan dipakai untuk kirab.

Ketua penyelenggara acara, Sekcam Gunungwungkal Agus, mengatakan bahwa acara Kirab Merah Putih yang dilaksanakan di Kecamatan Gunungwungkal ini ialah perdana. Sehingga diharapkan tahun- tahun kedepan dapat diagendakan kembali sebagai acara rutin tahunan.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi masyarakat dan semua pihak yang telah mensukseskan acara kirab ini. Sebab melalui acara ini, diharapkan dapat menumbukan kembali rasa patriotisme masyarakat khususnya kecamatan Gunungwungkal,” ujarnya.

Rute perjalanan yang dilalui ini merupakan permintaan masyarakat Kecamatan Gunungwungkal agar seluruh desa dilewati acara kirab. Sehingga acara berlangsung cukup lama karena panjangnya jarak melewati desa sebanyak 15 desa.

Sepanjang jalan terdengar pekik Merdeka..!! Merdeka…!! Merdeka ..!! Oleh para peserta kirab yang disambut masyarakat desa yang dilewati selama perjalanan. Salah satu Kepala Desa, yaitu Desa Bancak, Kusmiyati sebagai kades perempuan pun termotivasi mengikuti kirab merah putih ini.

Ia dengan tertatih dan perlahan tetap antusias melewati rute yang telah ditentukan walaupun dengan medan perjalanan yang cukup berat, tanjakan serta turunan mewarnai rute perjalanan, senyumnya terus terpancar selama perjalanan. Hal ini lantaran, daerah Gunungwungkal merupakan perbukitan.

” Saya sangat bangga dengan kegiatan ini, serta saya tidak dapat membayangkan bagaimana para pahlawan pejuang dulu menempuh rute naik turun gunung untuk berperng melawan penjajah,” ungkapnya.

Camat Gunungwungkal dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya tidak menyangka peserta yang mengikuti acara ini begitu banyak. Menurutnya, ini merupakan indikator bahwa antusiasme masyarakat dalam menyambut HUT RI tidak perlu diragukan lagi.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada masyarakat kecamatan Gunungwungkal yang telah memeriahkan HUT ke 74 RI tahun 2019”, ucapnya.

Ia menyebut bahwa acara ini terlaksana dengan sukes melalui pelaksanaan upacara pengibaran Bendera Merah Putih di lapangan Desa Sumberejo. Serta dilanjutkan dengan kegiatan penutup yaitu Kirab Merah Putih yang sangat meriah ini.

Sementara itu, Danramil 14/Gunungwungkal, Kapten Inf Sudirman selaku koordinator lapangan sangat mengapresiasi antusiasme masyarakat. Selain itu, ia juga sangat kagum dengan semangat warga dalam berpartisipasi mengikuti kirab ini.

“Hal ini dibuktikan dengan jumlah peserta sekitar 1.200. Sebab, mengumpulkan orang sebanyak itu pun tidak mudah. Saya juga berpesan pad peserta kirab agar selalu menjaga keamanan, karena medan yang dilalui cukup ekstrim serta jarak yang cukup jauh,” himbau Sudirman.

Dalam kirab tersebut, nampak terlihat di puncak ketinggian Desa Jrahi berkibar Bendera Merah Putih yang cukup besar. Tak hanya itu,disepanjang jalan pun penuh dengan warga merah putih menyemarakkan acara HUT ke 74 Proklamasi Kemerdekaan.

Berakhirnya kegiatan arak – arakan kirab Merah Putih tersebut ditandai dengan peserta yang tiba di finish di halaman Kecamatan Gunungwungkal dengan selamat. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *