Gebyar Syawalan Di Pantai Kartini Dibuka

oleh -30 views

Seputarmuria.com, REMBANG – Tradisi gebyar syawalan di Taman Rekreasi Pantai (TRP) Kartini, resmi dibuka, Selasa (11/6) siang. 

Pembukaan yang menyedot ribuan pasang mata warga Rembang itu langsung dilakukan oleh Bupati Rembang, Abdul Hafidz.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Rembang, Dwi Purwanto mengatakan digelarnya pesta syawalan untuk melestarikan budaya dan tradisi tahunan pada bulan syawal.

Tak hanya itu, dalam gebyar itu juga dapat memberikan sarana hiburan bagi masyarakat sekaligus merayakan lebaran secara massal dan meningkatkan arus kunjungan wisatawan yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

“Tema pada gebyar syawalan yaitu melalui pembukaan syawalan kita tingkatkan daya tarik wisata budaya, menuju Rembang madani,”imbuhnya.

Dwi Purwanto menambahkan dalam kegiatan gebyar syawalan yang digelar selama 10 hari mulai tanggal 5 hingga 14 juni pihak panitia menyediakan 36 kapling yang ditempatkan di halaman Balai Kartini, di depan kantor Sekretariat Daerah (Setda) Rembang dan di Jalan Diponegoro.

“Jumlah kapling sebanyak 36 kapling dan terjual 36 kapling. Pedagang sebagian berasal dari kabupaten Rembang dan sebagian dari luar Rembang. Dengan jenis dagangan berupa gerabah, souvenir, kuliner – makanan kecil, oleh-oleh, baju, sepatu, sandal, boneka – mainan anak-anak, accesories dan lain-lain”. Bebernya.

Sementara itu, Bupati Rembang, Abdul Hafidz mengharapkan kepada pengelola TRP. Kartini untuk memperbaiki managemen dan tampilan agar tidak kalah dengan tempat pariwisata lain di kabupaten Rembang yang dikelola desa.

Sebelum dibuka, gebyar syawalan tersebut diawali dengan arak-arakan pawai gunungan kupat (ketupat) dan lepet dengan diiringi musik tong tong klek dari depan kantor Setda Rembang menuju TRP. Kartini. 

Selanjutnya Bupati mengambil kupat dan lepet dibagikan kepada Wakil Bupati Rembang, Bayu Andriyanto dan kepala Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang hadir. (Ed)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *