Gandeng BPJS Kesehatan, RSUD RAA Soewondo Resmikan Layanan Terapi Kejut Batu Ginjal, Hitungan Menit Sembuh

oleh -348 views

Seputarmuria.com, PATI – UPT RSUD RAA Soewondo Pati meresmikan layanan Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL) atas kerjasama dengan BPJS Kesehatan, Selasa (14/11/2023).

Adapun ESWL ini merupakan layanan terapi untuk menghancurkan batu ginjal menjadi serpihan kecil sehingga bisa dikeluarkan dari saluran kemih tanpa harus dilakukan tindakan pembedahan seperti pada umumnya.

Launching tersebut turut dihadiri Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro, Plt Direktur UPT RSUD RAA Soewondo, Kepala Dinas Kesehatan Pati, Kepala BPJS Kantor Cabang Kabupaten Pati, para manajemen rumah sakit, sejumlah kepala puskesmas serta stakeholder terkait.

Plt Direktur RSUD RAA Soewondo Pati dr. Hartotok menyampaikan, fasilitas ini dibuka dalam rangka memberikan layanan dengan cepat kepada para pasien yang memiliki keluhan batu ginjal.

Ia menyebut, terdapat dua fasilitas kesehatan yang baru memiliki layanan ESWL ini, yaitu RSUD RAA Soewondo dan RS KSH Pati.

“Biasanya itu kalau batu ginjal kan menanganinya dengan operasi pembedahan ya, namun dengan ESWL ini melalui terapi kejut. Namun demikian ada syaratnya memang, batu ginjalnya harus kurang dari 2cm. Batu – batu ginjal yang kecil tersebut yang dianjurkan dilakukan pengobatan dengan ESWL ini”, ujarnya saat diwawancarai.

Hartotok menilai, terapi ini juga membantu bagi para pasien batu ginjal yang takut untuk dilakukan pembedahan. Pertama, pasien harus di USG terlebih dahulu letak batu ginjalnya dan sebesar apa. Kemudian, ditangani lebih lanjut oleh dokter spesialis yang membidangi yaitu dr. Moch. Abdul Kohar.

Sedangkan untuk prosedur ESWL, dapat berlangsung cepat sekira 30 menit. Tergantung lokasi dan ukuran batu ginjal yang ada pada pasien.

Sementara, Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro merespon baik fasilitas ESWL di RSUD RAA Soewondo ini. Ia menyebut, ini termasuk dalam peningkatan layanan kesehatan kepada masyarakat.

“Tentunya harapan kita, masyarakat di Kabupaten Pati semakin mudah dalam mendapatkan layanan kesehatan. Sampai saat ini sudah terdapat 12 pasien yang dilayani menggunakan layanan ESWL ini”, sebutnya.

Pihaknya pun mengingatkan, bagi puskesmas maupun fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) lain yang mendapati pasiennya menderita batu ginjal, dapat segera dirujuk di RSUD RAA Soewondo.

“Semoga apa yang telah dikembangkan pada peralatan – peralatan di RSUD RAA Soewondo ini dapat bermanfaat terhadap masyarakat dalam rangka layanan kesehatan yang optimal”, pungkasnya.

Salah satu pasien, Kastono warga Desa Gembong Kecamatan Gembong menyampaikan bahwa layanan ESWL ini sangat membantunya menyembuhkan penyakit batu ginjal yang sudah diderita selama 1 tahun.

“Tidak ada rasa sakit sama sekali, lebih enak, terakhir agak nyeri sedikit dan ketika saya minum air, lalu ke toilet keluar urin yang keruh. Awalnya saya dirujuk ke Semarang. Namun karena di RSUD Soewondo ini ada layanan ESWL ini, maka saya disuruh ke sini”, ungkap pria yang berprofesi sebagai sopir tersebut.

Kastono mengungkapkan, batu ginjal tersebut muncul akibat kebiasaannya sering menahan kencing dan kurangnya minum air putih. (Er)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *