Emban Amanah Cukup Berat, Ini Pesan Bupati Pada Ketua PA Pati Yang Baru

oleh -1,628 views

Seputarmuria.com, PATI – Bupati Pati Haryanto menghadiri acara Pisah-Sambut Ketua Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Pati di Pendopo Kabupaten Pati, Rabu (26/6/2019) malam.

Malam itu, Haryanto menyampaikan kata perpisahan pada Abdul Rozaq, mantan Ketua PA Pati yang dipindahtugaskan ke PA Purwodadi. Haryanto juga menyampaikan kata penyambutan pada Ketua PA Pati yang baru, Marwan, yang merupakan mantan Wakil Ketua PA Blitar.

Telah tiga tahun lebih menjabat sebagai Ketua PA Pati, Haryanto secara khusus mengucapkan terima kasih kepada Abdul Rozaq. Khususnya terkait keberhasilan Abdul Rozaq membawa PA Pati naik status dari kelas 1B menjadi 1A.

“Terima kasih, sebagai putra daerah, Pak Abdul Rozaq sudah berkarya untuk daerah. Memang selama ini saya berpesan, harus ada peninggalan baik untuk Pati agar menjadi catatan khusus,” ucapnya.

Kepada Abdul Rozaq, Haryanto berharap agar Abdul dapat melaksanakan tugas di tempat baru dengan baik. Haryanto yakin, Abdul Rozaq tidak akan kesulitan beradaptasi. Sebab, menurutnya budaya di Kabupaten Grobogan tidak jauh berbeda dari di Pati.

Terlebih, Abdul Rozaq diketahui menempuh pendidikan SMA di Purwodadi.

“Teman-temannya di Purwodadi pasti banyak. Jadi tidak akan merasa kesulitan,” ucap Haryanto.

Sebagai Ketua PA Pati yang baru, Haryanto berpesan kepada Marwan agar dapat meneruskan program-program yang telah ditata Abdul Rozaq.

Haryanto berharap pada Marwan agar melaksanakan tugas dengan baik, meski tugas PA Pati cukup berat.

“Angka perceraian di Pati cukup tinggi, meski lebih tinggi di Jepara. Ini sebagai gambaran saja, meski PA juga mengurus mengenai waris dan urusan agama lainnya,” ucapnya.

Haryanto menegaskan, ia sendiri sering menandatangani izin perceraian pegawai.

“Kadang saya tunda tanda tangan dengan harapan bisa rukun dan tidak jadi cerai. Meski pada akhirnya tetap saya tandatangani. Selama ini, PNS-PNS yang mengajukan izin perceraian pada saya, persentasenya sangat kecil yang rujuk kembali,” ujarnya.

Selain mewanti-wanti tentang tingginya angka perceraian, Haryanto juga berpesan pada Marwan agar turut menciptakan suasana kondusif di Pati. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *