Edukasi Melalui Komik Tentang Minat Baca dan Cinta Lingkungan, Bintang Raih Juara 3

oleh -418 views

Seputarmuria.com, KUDUS – SMK Wisudha Karya Kudus Cabang Pendidikan Wilayah III Provinsi Jateng kembali membawa kabar bahagia, pasalnya salah satu siswanya berhasil mengharumkan nama sekolah.

Ananda Bintang Kusumaningrum kelas Xl SMK Wisudha karya Kudus Cabdin lll Prov Jateng sukses membawa pulang juara 3 dalam Lomba Esai Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh HIMA Pendidikan Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 15 – 16 November 2019.

Muzakki Bashori selaku pembina mengungkapkan bahwa lomba kali ini sama dengan lomba esai beberapa waktu lalu. Hanya saja dalam lomba ini ada sedikit perbedaan.

“Tema esai kali ini mengangkat tentang pendidikan dan lingkungan. Sedangkan untuk judul esainya ialah, KOPEL (Komik Penyelamat Lingkungan), Upaya Menumbuhkan Minat Baca dan Cinta Lingkungan Bagi Para Pelajar Melalui Media Komik”, ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (17/11/2019).

Muzakki menjelaskan, makna dari judul tersebut yaitu KOPEL (red, Komik Penyelamat Lingkungan) hadir sebagai media edukasi untuk meningkatkan minat baca para pelajar sekaligus sebagai inisiator gerakan cinta lingkungan.

“Hal ini sebagai bentuk respon bahwa Indonesia tergolong negara darurat membaca. Hal ini tercermin dari minat baca masyarakat yang masih rendah dan tertinggal jauh dari negara lain, bahkandari negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Perpustakaan Nasional pada tahun 2017 (Kompas, 2018), tidak lebih dari lima buku per pekan yang rata-rata dibaca oleh orang Indonesia dengan durasi waktu membaca per hari kurang dari satu jam”, jelasnya.

Dengan kata lain, ia menyebut bahwa tingkat kegemaran membaca masyarakat Indonesia hanya mencapai 36,48 persen atau termasuk kategori rendah.

Ananda Bintang peraih juara 3 dalam lomba tersebut ketika dihubungi mengucapkan rasa syukurnya atas prestasi yang berhasil ia bawa pulang tersebut.

“Alhamdulilah senang sekali, dan tidak menyangka bisa mendapatkan juara 3 mengingat segala persiapan yang tergolong mepet”, ujarnya.

Ia mengaku bahwa lomba tersebut bisa dibilang persiapan kali ini cukup mepet. Sebab dalam keadaan ia baru pulang OJT (On the Job Training), hari Selasa (12/11/2019) lalu. Kemudian langsung mendapat arahan oleh Pak Muzakki, untuk kesiapan ikut lomba / tidak karena lomba diadakan hari Jumat 15 November.

“Saya dapat mengikuti lomba karena dipilih oleh sekolah. Tentunya prestasi ini diraih dengan bimbingan dari Pak Muzakki selaku pembimbing. Meskipun sempat gugup saat presentasi karena kurangnya waktu latihan, Namun Alhamdullilah presentasinya bisa berjalan dengan lancar sampai selesai”, ucapnya.

Sementara itu, menanggapi hal tersebut, Kepala Sekolah Wisudha Karya Kudus Fakhrudin menyampaikan apresiasinya kepada muridnya tersebut.

“Alhamdulillah, mewakili warga sekolah, kami berterima kasih pada Ananda Bintang. Semoga ke depannya bisa banyak lagi prestasi prestasi yang diraih oleh anak – anak SMK Wisudha Karya”, harapnya. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *