Edan ! Hanya Bermodalkan KTP Palsu, Penipu Dari Soko Kulon Pati ini Gondol 2 Mobil Rentalan di Rembang

oleh -864 views

Seputarmuria.com, REMBANG – Mohamad Kusaeri (40) warga Desa Soko Kulon RT 3 RW 2 Kecamatan Margorejo Pati ini harus meringkuk kedinginan di tahanan.

Pasalnya, pria yang belerja sebagai swasta ini dibekuk polisi, diduga melarikan mobil sewaan milik RentCar AA, Jl. Gajah Mada, Kelurahan Tanjungsari, Rembang. 

Dari hasil pengembangan pihak kepolisian, pelaku saat hendak menyewa mobil menyerahkan data atau KTP Palsu kepada pemilik mobil sewa.

Awal mulanya pada hari Kamis, 07 Maret 2019, tersangka datang ke RentCar AA bersama seorang pria tidak dikenal. Saat itu pula, pelaku kemudian menyerahkan KTP atas nama Wasiran, warga Desa Gunungsari, Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang dan 1 unit sepeda motor Honda Vario bernomor polisi E 6380 XE sebagai jaminan.

Tak mau menunggu lama, pihak penyewaan mobil pun menyewakan 2 unit mobilnya, masing-masing Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga. 

Hanya saja, setelah disewa oleh pelaku, kedua mobil tersebut tak dikembalikan. Tak sampai di situ saja, pemilik usaha rental mobil, Agung Sukirno (42), warga Desa Karangsekar Kecamatan Kaliori berinisiatif datang ke Desa Gunungsari, guna melakukan penelusuran alamat KTP yang sudah ia pegang tersebut. 

Dari peneulusurannya di lapangan, Agung tersentak kaget, begitu mengetahui dari perangkat desa Gunungsari, bahwa tidak ada warga bernama Wasiran.

Al Hasil, ia pun menyadari bahwa mobil sewaannya itu digelapkan. Tak mau tinggal diam, ia pun berupaya mengecek melalui piranti GPS yang terpasang di mobil tersebut. 

Pertama, GPS Toyota Avanza sudah mati terakhir kali di wilayah Krian Sidoarjo, Jawa Timur, sedangkan mobil Ertiga GPS nya mati di Villa Tretes, Pandaan, Malang – Jawa Timur.

Sang pemilik mobil sewaan pun tak mau tinggal diam. Sehibgga ia lalu mekacak ke daerah Jawa Timur. Dan akhirnya saat pemilik rental mengejar ke Jawa Timur, baru menemukan mobil Suzuki Ertiga di pinggir jalan. 

Pelaku yang membawa mobil sudah tidak ada. Korban selanjutnya membawa mobil itu dan menyerahkan ke Mapolres Rembang, untuk proses hukum lebih lanjut.

Dari laporan itu, pihak kepolisian yang telah mengantongi data, akhirnya bisa menangkap tersangka pelaku. 

Kepala Satuan Reserse Dan Kriminal Polres Rembang, AKP Bambang Sugito menyatakan pihaknya masih mengembangkan kasus tersebut.

“Kami terus mendalami, termasuk ada tersangka lain yang masih dalam pengejaran. Untuk tersangka sudah kita tahan. Barang bukti yang diamankan motor jaminan, sama mobil Ertiga yang sempat dilarikan, “ beber Kasat Reskrim.

Bambang mengimbau kepada pemilik usaha rental mobil untuk lebih waspada, mengantisipasi kemungkinan penipuan disertai penggelapan. Pengetatan bisa dilakukan saat awal penyewa datang, selain mengandalkan peralatan deteksi GPS yang lebih canggih. (Ed)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *