Ditetapkan Jadi Rp 1,8 Juta, Kenaikan UMK Pati akan Disosialisasikan

oleh -450 views

Para serikat pekerja saat mengikuti sosialisasi berbagai peraturan ketenagakerjaan di Aula Disnaker Pati belum lama ini.

Seputarmuria.com, PATI – Kenaikan upah minimum kabupaten (UMK) Pati mencapai 8,51 persen. Dengan kenaikan itu, UMK Pati 2020 ditetapkan oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Rp 1.891.000. Kenaikan UMK itu merupakan usulan dari Pemkab Pati yang disetujui gubernur Jateng.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Pati Tri Haryama yang diwakili Kabid Hubungan Industrial Hendri Kristiyanto mengatakan, sudah mengambil surat keputusan (SK) penetapan UMK dari Gubernur Jateng Gajar Pranowo di Semarang Rabu (20/11/2019) kemarin.

Setelah itu, Hendri mengatakan bahwa penetapan UMK tersebut akan disosialisasikan kepada semua perusahaan di Pati.

“Kenaikan UMK yang ditetapkan dalam rapat usulan kenaikan UMK Pati bersama dewan pengupahan, akademisi, Apindo, dan lainnya. Sehingga muncul kenaikan 8,51 persen. Kesepakatan UMK itu lalu diserahkan kepada Bupati Pati Haryanto yang kemudian oleh bupati diusulkan kepada gubernur dan gubernur menyetujuinya,” jelasnya kemarin.

Ia menyebut, kesepakatan kenaikan UMK Pati 2020 sebesar Rp 1.891.000 berdasarkan hitung-hitungan dari UU 13/2003 tentang Ketenagakerjaan dan PP 78/2015 tentang Pengupahan. Kenaikan tersebut mengacu inflasi nasional 3,39 persen dan pertumbuhan ekonomi 5,2 persen.

“UMK Pati tertinggi ketiga di Karesidenan Pati setelah Kudus dan Jepara. Kami akan langsung membentuk panitia kecil dan segera mensosialisasikan kenaikan UMK kepada perusahaan dan pekerja di Pati. Sosialisasi segera dilaksanakan karena kami akan membuka penangguhan UMK,” imbuhnya.

Penangguhan UMK itu difasilitasi apabila ada perusahaan yang keberatan dengan kenaikan UMK tersebut. Dirinya berharap serikat pekerja dan pemilik perusahaan setuju dengan kenaikan UMK itu. Sehingga bisa diterapkan mulai 2019 mendatang. Pada penerapannya nanti, pihaknya juga akan memantau perusahaan supaya membayar upah pekerja sesuai dengan UMK yang sudah ditetapkan oleh gubernur. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *