Disdukcapil Tegaskan, Blangko E – KTP ialah Kewenangan Pusat

oleh -414 views

Rubiyono (kiri), dan Wabup Saiful Arifin (kanan) usai mendistribusikan E – KTP pada warga disabilitas.

Seputarmuria.com, PATI – Permasalahan blangko dalam proses pembuatan E – KTP yang sering mendapat keluhan dari masyarakat, merupakan permasalahan di tingkat nasional.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pati, Rubiyono saat mendistribusikan E – KTP kepada warga disabilitas di Desa Gabus, Kecamatan Gabus, kemarin.

“Tak hanya di Kabupaten Pati, namun sebanyak 514 kabupaten / kota se Indonesia memang kekurangan blangko”, tegasnya.

Ia menjelaskan bahwa sesuai dengan undang – undang kependudukan, bahwa blangko E – KTP merupakan kewenangan pemerintah pusat.

“Tapi kita bagaimanapun juga, sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Pati, bahwa pihaknya akan terus selalu meningkatkan pelayanan guna mengatasi keluhan masyarakat”, imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin menyamaikan bahwa apabila Disdukcapil kehabisan blangko, maka hal tersebut otomatis tidak bisa dipaksakan.

“Terlebih masalah blangko, kan itu memang dari pusat, jadi ya mau bagaimana lagi. Kan kita juga tidak bisa mencetak sendiri”, ujarnya.

Menurut Saiful Arifin, yang terpenting ialah bagaimana agar menciptakan pelayanan yang dapat mendekatkan kepada masyarakat. Salah satunya melalui pelayanan jemput bola, yaitu melakukan pelayanan dengan datang ke daerah – daerah di lingkungan Kabupaten Pati. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *