Cakades Harus Siap Bertanding Untuk Bersanding

oleh -145 views

Seputarmuria.com, PATI – Isu – isu saat pilkades merupakan hal yang biasa. Dengan adanya isu tersebut, dapat melakukan pencegahan maupun antisipasi lebih baik lagi.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Pati Haryanto saat melakukan monitoring pilkades di hari kedua, Rabu (18/12/2019). Lokasi yang dimonitoring mencakup yakni Desa Margomulyo dan Desa Trimulyo Kecamatan Juwana serta Desa Sidomulyo Kecamatan Jakenan.

“Memasuki hari tenang betul betul dimanfaatkan, jangan sampai digunakan untuk menimbulkan kegaduhan. Semua sudah ada aturan terkait proses pilkades”, imbaunya.

Ia juga mengatakan bahwa panitia pilkades harus netral, tidak boleh ikut sana ikut sini. Harus melayani semuanya, tidak boleh salah satu cakades saja.

“Cakades punya peran penuh, harus siap kalah dan siap menang. Jangan hanya siap menang saja. Terlebih menempuh dengan cara – cara kotor. Bisanya sekarang berdoa”, ujarnya.

Bupati pun menekankan bahwa semua komponen harus bisa mengendalikan diri. Dan melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksi nya demi kondusifitas pilkades serentak.

Ia juga menegaskan, membuat kondisi pilkades yang aman dan nyaman itu banyak cara.

“Mari bersama – sama menyukseskan pilkades serentak. Tidak usah mencari kesalahan yang lain, terlebih menjelek jelekkan”, ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin mengatakan bahwa pilkades ini jangan dibuat baper. Sebab, pilkades ini seyogyanya merupakan rutinitas biasa.

“Mari setelah sabtu besok, kita sama – sama membangun desa untuk lebih baik lagi. Tidak usah ada permusuhan”, ajaknya.

Setelah bertanding selesai, lanjut Saiful Arifin, maka sudah seharusnya untuk bersanding. Kalau mau bertanding lagi ya nanti di periode selanjutnya.

“Apabila desa maju, dari pemkab pasti akan berterima kasih. Karena kabupaten dapat maju berasal dari desa – desanya yang maju”, pungkasnya. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *