Bursa Inovasi, Upaya Memaksimalkan Dana Desa

oleh -492 views

Seputarmuria.com, PATI – Digelarnya Bursa Inovasi Desa, guna mendorong para pemerintah desa untuk memaksimalkan Dana Desa (DD) di bidang pemberdayaan. Sehingga, dana desa maupun alokasi dana desa yang diterimanya tidak hanya untuk pembangunan infrastruktur, melainkan juga pembangunan SDM.

Hal tersebut disampaikan oleh Camat Tlogowungu saat menghadiri pembukaan bursa inovasi desa yang bertempat di Kantor Kecamatan Tlogowungu, Selasa (30/7/2019).
 
Ia menekankan, setidaknya, DD yang diterima desa setiap tahunnya mencapai ratusan juta bahkan milyaran rupiah.

“Hanya saja dalam pemanfaatannya belum maksimal, dan sebagian besar dari tahun ke tahun hanya fokus untuk pembangunan fisik”, imbuhnya.

Pembangunan fisik yang dimaksud ialah berupa pembangunan jalan atau pembangunan talut. Untuk itu, desa-desa di Kecamatan Tlogowungu melalui Bursa Inovasi Desa didorong untuk memaksimalkan penggunaan anggaran yang dikelolanya.
 
“Komitmen masing-masing desa oleh kepala desa ini, guna pengembangan pembangunan di wilayah Tlogowungu ini, terkiat aspek ekonomi dan SDM. Sehingga tidak hanya terfokus pada infrastuktur, sebab mayoritas pun sudah memadai. Kemudian semua itu diarahkan ke pemberdayaan ekonomi desa. Sehingga kesejahteraan dan perekonomian masyarakat terangkat,” ujar Camat Tlogowungu Jabir.
 
Ia menyebut, kegiatan bursa inovasi Tlogowungu ini diikuti oleh 15 Desa se – kecamatan. Digelarnya acara ini agar setiap desa dapat memberdayakan potensi yang ada. Sebab menurutnya, Kecamatan Tlogowungu mempunyai banyak potensi yang dapat dikembangkan melalui tangan-tangan kreatif dan inovatif.

“Sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu unggulan di Tlogowungu ialah adanya wisata alam pohon pinus dan produk kopi dengan berbagai macamnya. Juga kita punya batik asli dari desa Cabak”, imbuhnya.

Dengan adanya bursa inovasi ini, berbagai produk yang ada bisa dikenal oleh masyarakat luas. Sehingga, mampu mengangkat perekonomian lokal desa. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *