Bupati Setujui Tiga Dinas Alami Perubahan

oleh -163 views

Seputarmuria.com, PATI – Selasa (24/9/2019), digelar rapat Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) yang berlokasi di ruang Pragolo Setda Pati.

Bupati Pati Haryanto memberi pengarahan bahwa evaluasi SOTK itu memang perlu. Namun, hal tersebut menjadi sebuah dilema manakala di saat pergantian kepala negara. Sebab, menteri tidak mesti sama, bisa ganti. Dan setelah itu harus menyesuaikan kembali.

“Itu pasti. Dan kebijakan – kebijakan yang nantinya diterapkan, seringkali akan berdampak di bawah. Kalau saya itu, apalah sebuah nama nomenklatur. Kalau saya yang penting kinerjanya bagus, jabatannya tidak hilang, kesejahteraan tetap ada”, ujarnya.

Hal tersebut disampaikan Bupati ketika membahas tentang sejumlah instansi yang rencananya akan berubah type. Yaitu yang tadinya type B, dengan adanya Permendagri menjadi type A. Yaitu, Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, Dinas Sosial dan KB serta Kesbangpol.

Namun, Bupati menegaskan, apabila tidak dilakukan, akan terbentur oleh regulasi. Padahal regulasi dibiayai oleh APBD. Apabila terjadi kesalahan, akan maka akan timbul permasalahan.

“Seperti Dinas Sosial dan KB, yaitu mengampu tupoksi KB beserta Perlindungan Perempuan dan Anak. Dan Kesbangpol, itu bentuknya harus Badan. Sedangkan Badan itu harus esselon II”, jelasnya.

Terkait adanya penambahan beban kinerja, usai dilakukan peningkatan type, Bupati meyakini bahwa nantinya pasti ada penambahan bidang. Sebab, terdapat bidang yang sebelumnya bergabung, sekarang berdiri sendiri.

“Kalau di Dinas sosial, itu dulu sudah mengampu, namun tidak ada nomenklaturnya. Sehingga dengan regulasi yang ada saat ini, diberi kesempatan lagi untuk mengampu”, imbuhnya.

Untuk Kesbangpol, Bupati menegaskan justru akan menjadi lebih maksimal. Sebab, akan ada kepala dinas, ada sekretaris serta kepala bidang. Yang sekarang hanya kepala kantor dan kasubag TU serta kepala seksi (kasi). (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *