Bupati Pantau Vaksinasi PMK Perdana, Sebanyak 4000 Vaksin Diutamakan untuk Wilayah Endemi

oleh

Seputarmuria.com, PATI – Bupati Pati Haryanto didampingi Kepala Dispertannak Pati memantau langsung pelaksanaan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) perdana pada hewan ternak khususnya sapi di peternakan milik Pak Supo Desa Pucakwangi, Kecamatan Pucakwangi, Selasa (28/6/2022).

Bupati Haryanto menyampaikan bahwa vaksinasi ini merupakan tindak lanjut dari tim Penanganan Reaksi Cepat (PRC) untuk wabah PMK di Kabupaten Pati.

Sebelum vaksin PMK tersebut didapat, pemerintah daerah telah berupaya untuk menekan penularan PMK yang tergolong cepat ini.

Adapun sejumlah peternakan sapi lainnya yang dikunjungi ialah di Desa Plosorejo dan Desa Karangrejolor. Di Plosorejo terdapat beberapa ekor sapi yang terpaksa tidak jadi disuntik vaksin. Hal ini lantaran ada beberapa bagian tubuh sapi yang diduga terkena virus PMK. Namun, diganti dengan diberikan sejumlah paket obat – obatan.

“Alhamdulillah, kita sudah dapat bantuan vaksin dari pemerintah pusat. Meskipun saat ini jumlahnya belum begitu banyak, yaitu baru 4000 vaksin. Nantinya akan disupport juga dari pemda”, ujarnya.

Namun demikian, dengan jumlah yang masih terbatas itu, vaksinasi PMK memang diutamakan untuk sapi yang sehat. Sebab jangan sampai sapi yang sehat tertular sapi yang sakit.

Haryanto menilai, penanganan PMK ini, hampir sama dengan penanganan pandemi Covid – 19. Oleh karena itu, bagi petugas kesehatan maupun penyuluh yang menangani, diharuskan benar – benar steril.

“Jadi sapi – sapi yang kita suntik di tempat ketua ternak setempat, Pak Supo ini adalah sapi – sapi yang sehat. Begitupun dengan ternak – ternak yang lain, kita suntik dengan 4000 dosis vaksin yang ada ini”, tegasnya.

Point of Sales Lengkap
Catatan pembayaran Anda berantakan?
Aplikasi kasir Boskasir menyederhanakan proses penjualan usaha Anda dan mengelola transaksi lebih efisien.

All Device All Platform
Spesifikasi apa saja yang dibutuhkan ?
Minimal RAM 4GB, Spesifikasi lainnya bebas. Support semua OS : Windows, Linux, Android, IOS, Mac OS, Dll. Support Semua Device : PC, Laptop, HP, Tab, Dll.

Kami juga menyediakan jasa input data barang, sangat memudahkan owner bisnis. KLIK www.boskasir.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.