Bupati Dukung Adanya Sertifikat Kompetensi Bagi Jurnalis

oleh -252 views

Seputarmuria.com, PATI – Bupati Pati Haryanto setuju dan mendukung adanya sertifikat kompetensi bagi para jurnalis. Hal ini, menurutnya, untuk mencegah maraknya pemberitaan yang tidak bertanggung jawab.

Hal tersebut ia sampaikan ketika menghadiri Musyawarah Koordinasi Daerah (Muskorda) Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Muria Raya di Ruang Pragolo Sekretariat Daerah Kabupaten Pati, Sabtu (31/8/2019).

“Saya setuju kalau selama ini ada semacam sertifikat kompetensi untuk jurnalis. Dengan demikian, tidak semua orang membuat pemberitaan dengan seenaknya. Melainkan ada pertanggungjawaban. Karena kalau berita (yang tidak bertanggungjawab) terlanjur beredar kemana-mana, menariknya kembali juga sulit sekali,” jelas Haryanto.

Haryanto juga menyayangkan bahwa dengan maraknya media sosial sekarang ini, informasi yang tidak valid semakin mudah beredar.

“Kalau (pengguna) media sosial, dia tahunya hanya memotret kejadian, kemudian memviralkannya ke mana-mana. Padahal belum tentu informasi yang dia sebarkan sesuai dengan kejadian sebenarnya,” ucapnya.

Haryanto mendukung bahwa dengan kode etik dan kompetensi yang dimiliki, jurnalis harus menjadi corong informasi yang valid. Hal ini demi mengantisipasi persebaran informasi yang tidak benar.

“Oleh sebab itu, saya menyambut dengan baik Muskorda IJTI di Pati. Semoga forum ini menghasilkan beberapa rekomendasi yang baik, sekaligus memberi pemahaman pada teman-teman jurnalis agar selalu memegang kode etik yang ada. Sebab memang, media adalah corong informasi. Perlu dibekali kode etik dan kompetensi, agar produk jurnalistik yang dihasilkan tidak menyimpang,” ujarnya.

Dalam acara tersebut, Haryanto tak lupa berterima kasih kepada IJTI dan insan pers secara umum. Menurutnya, selama ini pihaknya telah bekerjasama secara baik dengan media.

“Saya senang dengan keberadaan media. Sebab, kalau tidak ada teman-teman media, tidak ada yang menginformasikan program pemerintah,” ucapnya. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *