BPJS Kesehatan Dorong Peserta JKN Manfaatkan Skrining Kesehatan di Aplikasi Mobile JKN

oleh -292 views

Seputarmuria.com, REMBANG – Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus melakukan upaya optimal dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat.

Selaras dengan hal tersebut, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kabupaten Pati memberikan sejumlah poin edukasi kepada para stakeholder terkait manfaat pelayanan yang didapat bagi peserta JKN di Pollos Hotel Rembang, Senin (20/11/2023).

Pada kegiatan tersebut, Bagian Promotif Preventif BPJS Kesehatan Kantor Cabang Pati Irma Riyangga menyampaikan sejumlah poin diantaranya, manfaat pelayanan, promotif preventif, skrining kesehatan serta alur pendaftaran skrining kesehatan.

Irma menyampaikan, bagi peserta JKN, mendapatkan manfaat layanan yaitu pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan (FKTL).

Ia menjelaskan, layanan promosi, pencegahan, skrining dan konsultasi diperkuat, sehingga bukan hanya peserta JKN yang sakit saja yang dapat memanfaatkan layanan JKN tetapi juga yang sehat dapat memanfaatkannya.

“Skrining riwayat kesehatan adalah langkah pertama mendeteksi risiko penyakit. Kita kelompokkan peserta JKN yang berisiko rendah, sedang, dan tinggi melalui skrining riwayat kesehatan yang diantaranya bisa diakses peserta lewat Aplikasi Mobile JKN”, ujarnya.

Selain itu, layanan online lain yang mendukung ialah Chat Assistant JKN (CHIKA), atau website BPJS Kesehatan. Ia menyebut, bila berisiko tinggi, peserta JKN akan diarahkan ke fasilitas kesehatan supaya diperiksa dan ditangani lebih lanjut.

“Saat ini terdapat empat jenis layanan skrining yang bisa dimanfaatkan oleh peserta JKN, yaitu skrining diabetes melitus, skrining hipertensi, skrining kanker serviks, dan skrining kanker payudara”, jelasnya.

Irma menambahkan, ke depannya jenis layanan skrining yang dijamin BPJS Kesehatan akan diperluas.

Untuk diketahui bahwa Kabupaten Rembang telah mendapatkan penghargaan Universal Health Coverage sejak tahun 2022 lalu.

Hal tersebut telah diungkapkan Kepala BPJS Kantor Cabang Pati Wahyu Giyanto belum lama ini. Ia menyebut, BPJS Kesehatan Pati sendiri menaungi tiga Kabupaten, yakni Rembang, Pati dan Blora.

Disebutkan juga bahwa pada tahun 2022 kemarin sebanyak 615.844 warga Rembang telah resmi terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dari total jumlah penduduk 646.477 orang jiwa atau sebesar 95,26 persen.

Bahkan pada tahun 2023 ini warga Rembang yang terdaftar dalam kepesertaan JKN bertambah menjadi 97,37 persen. Sedangkan Blora dan Pati masih di bawah 90 persen warganya yang terdaftar di BPJS Kesehatan. Oleh karena itu, saat ini Kabupaten Blora dan Kabupaten Pati berlomba – lomba menyusul untuk bisa meraih UHC.

Salah satu peserta JKN, Revilia mengaku sangat terbantu dengan adanya aplikasi Mobile JKN. Bahkan ia menyebut telah melakukan skrining kesehatan dengan menggunakan aplikasi tersebut.

“Saya sudah melakukan tes skrining kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN. Layanan melalui aplikasi ini cepat, mudah dan akurat”, pungkasnya. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *