BPJS Kanca Pati Ajak Puluhan Pengelola IT dan Frontliner Dorong Percepatan Pelayanan Online di FKTL

oleh -93 views

Seputarmuria.com, PATI – BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kabupaten Pati menggelar kegiatan Koordinasi Bridging e – Farmasi dan Implementasi Smart Claim FKRTL di Aula Lt. 4 Hotel New Merdeka Pati, Senin (4/3/2024).

Kegiatan ini digelar dalam rangka Optimalisasi Mutu Layanan Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan kepada peserta JKN melalui implementasi Bridging e – Farmasi dan Implementasi Claim FKRTL.

Puluhan pengelola IT FKRTL dan petugas frontliner yang mewakili rumah sakit swasta maupun rumah sakit daerah hadir dalam kegiatan tersebut. Sedangkan direktur rumah sakit dan PIC JKN turut mengikuti melalui online / daring.

Kepala BPJS Kantor Cabang Kabupaten Pati Wahyu Giyanto menyampaikan, kegiatan Koordinasi ini merupakan salah satu bentuk implementasi dalam percepatan pelayanan kepada para peserta JKN dalam mengoptimalkan layanan – layanan digital yang ada termasuk layanan antrean digital.

“Yang pertama adalah target kita yaitu kecepatan layanan peserta JKN ketika di fasilitas kesehatan. Layanan paling lama satu jam ya, itu orang berobat masuk, dilayani, antre obat dan selesai. Itu untuk layanan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan khususnya untuk yang rawat jalan ya. Ini masih dua jam setengah ya, nantinya maksimal satu jam”, jelasnya saat ditemui.

Namun demikian, Wahyu tidak memungkiri bahwa dengan banyaknya peserta JKN aktif khususnya di Kabupaten Pati, layanan di FKTL khususnya rawat jalan rata – rata masih membutuhkan waktu lebih dari dua jam.

“Saya yakin ke depan bisa menerapkan kecepatan layanan ini. Sebab begini, orang yang berobat masuk, kemudian dilayani, resep obat otomatis langsung terkoneksi ke bagian farmasi. Jadi ke depan, peserta BPJS itu pelayanannya jadi lebih cepat. Karena kalau peserta umum kan harus bayar dulu, antre juga, obatnya ditebus dulu atau tidak. Sedangkan kalau peserta BPJS kan ditebus semua”, paparnya.

Pihaknya pun menegaskan bahwa sampai saat ini, progres antrean online fasilitas kesehatan di wilayah Kabupaten Patii telah mencapai 90%. Artinya untuk mencapai kecepatan dalam pelayanan kesehatan bagi peserta BPJS pun bukan hal yang tidak mungkin.

Dalam kesempatan yang sama, BPJS Lancar Kabupaten Pati juga menyerahkan penghargaan kepada para frontliner yang telah terpilih. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *