Berkenalan dengan Paskibraka Pati dalam Upacara Peringatan 17 Agustus 2021

oleh

Seputarmuria.com, PATI – Elid Damar Sakti (17), Zakia Nur Alaida (17), dan Muhammad Argin Bima Nugraha (16) tiga pelajar SMA yang mendapat kepercayaan menjadi petugas pengibar bendera dalam Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Republik Indonesia di Kabupaten Pati.

Elid merupakan siswa Kelas XII di SMAN 1 Pati asal Desa/Kecamatan Kayen. Selanjutnya, Zakia merupakan siswa kelas XII SMA PGRI 1 Pati. Dia merupakan warga Desa Tambaharjo (Runting), Kecamatan Pati. Sementara, Argin merupakan siswa kelas XI SMAN 2 Pati asal Perum Griya Permata Desa Winong, Kecamatan Pati.

Ditemui usai latihan, Elid mengatakan, dirinya sudah menggeluti baris-berbaris sejak masih duduk di bangku SMP.

“Dulu saya dari SMP kelas VII sudah ikut lomba. Kelas VIII vacuum, lalu saya lanjut di kegiatan pramuka. Masuk SMA saya ikut organisasi Gastra (Petugas Tata Upacara Bendera) Castra Jayecwara. Alhamdulillah dipercaya jadi ketua pada 2019,” ungkapnya.

Dia termasuk dalam peserta yang mengikuti seleksi anggota Paskibraka kabupaten pada 2020 lalu. Namun, diluar dugaan, pihaknya tidak jadi tampil karena kebijakan terkait pandemi.

“Namun, pihak dinas (Dinporapar Pati) menjanjikan kami akan tampil tahun depan, yaitu tahun ini,” ujar dia.

Selain olahraga fisik, Elid memiliki hobi lain antara lain lari. Cita – citanya masuk ke perguruan tinggi kedinasan, yaitu Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD). Di samping itu, dia juga memiliki keinginan menempuh pendidikan di Akademi Kepolisian (Akpol) atau Akademi Militer (Akmil).

Sedangkan, Zakia Nur Alaida punya cita-cita berbeda, meski banyak anggota Paskibraka yang bercita-cita jadi polisi atau tentara, dia tidak demikian.

“Cita-cita saya jadi pegawai bank. Memang kesannya tidak ada hubungan dengan kegiatan baris-berbaris. Namun, aktivitas baris-berbaris menurut saya banyak memberi manfaat,” ucapnya.

Zakia mengatakan, di SMA ia aktif di organsasi Pasukan Gerakan Baris-Berbaris (Paragas). Menurutnya, di sana ia mendapat pelajaran mengenai kekompakan dan rasa kekeluargaan.

“Selain itu juga saya belajar lebih bisa menghargai waktu. Rasa cinta pada negara juga semakin besar. Orang tua saya mendukung saya di kegiatan ini,” ujar gadis yang hobi memasak ini.

Sementara, Argin sudah mantap bercita-cita menjadi anggota Polri. Dia menargetkan setelah lulus SMA melanjutkan pendidikan ke Akpol.

“Saat SD saya ikut Polcil (Polisi Cilik). Kemudian SMP ikut PBB (Pasukan Baris-Berbaris). SMA saya ikut Hika Mada (Himpunan Karana Muda SMAN 2 Pati),” ujar Argin menjelaskan riwayatnya.

Menurut remaja yang hobi olahraga lari dan berwisata ini, kegiatan baris-berbaris bisa mendukung cita-citanya untuk jadi polisi. Terutama karena kegiatan ini melatih fisik, mental, sikap, dan wawasan. (Er)

Berikut daftar 17 pelajar terpilih lainnya dalam Paskibraka Kabupaten Pati 2021 yaitu :

1.Ade Ravindra Shandy, SMKN 2 Pati
2.Ahmad Nur Syarifuddin, SMAN 1 Tayu
3.Cinta Sindy Karisma, SMA PGRI 1 Pati
4.Distya Gita Alensari, SMAN 1 Batangan
5.Galang Patriaka, SMAN 2 Pati
6.Nur Farah Aulia, SMAN 1 Juwana
7.Setyo Dewo Leksono, SMAN 3 Pati
8.Syamaidzar Priadani Anggoro, SMKN 1 Pati
9.Ahmad Zaki Firmansyah, MAN 2 Pati
10.Arda Rohmad Wibowo, SMKN Jawa Tengah di Pati
11.Bimo Aji Sulistyo, SMK Bani Muslim Pati
12.Eric Tyo Abdi Nugroho, SMAN 1 Pati
13.Hany Rafilla Salma, SMAN 1 Pati
14.Najwa Asyka Salsabilla, SMAN 1 Juwana
15.Queen Indhira Intania Najwa, SMAN 1 Pati
16.Sann Satriatama, SMAN 3 Pati
17.Selfiana Intansari, SMK Tunas Harapan Pati

Point of Sales Lengkap
Catatan pembayaran Anda berantakan?
Aplikasi kasir Boskasir menyederhanakan proses penjualan usaha Anda dan mengelola transaksi lebih efisien.

All Device All Platform
Spesifikasi apa saja yang dibutuhkan ?
Minimal RAM 4GB, Spesifikasi lainnya bebas. Support semua OS : Windows, Linux, Android, IOS, Mac OS, Dll. Support Semua Device : PC, Laptop, HP, Tab, Dll.

Kami juga menyediakan jasa input data barang, sangat memudahkan owner bisnis. KLIK www.boskasir.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *