Beban Trafo Lebihi Kapasitas Akibatkan 17 Desa di Pati Alami Gangguan Jaringan Listrik Sebulan Terakhir

oleh -159 views

Seputarmuria.com, PATI – Dalam satu bulan terakhir sejak pertanahan bukan Oktober hingga memasuki akhir November 2023, terdapat belasan desa di Kabupaten Pati yang mengalami gangguan listrik.

Kantor Unit Layanan Pelanggan (ULP) mencatat ada sebanyak 17 desa di Kabupaten Pati yang mengalami gangguan jaringan listrik hingga membuat aktivitas warga terganggu.

Adapu desa-desa itu yakni, Desa Regaloh (Kecamatan Tlogowungu), Desa Rendole, Kaliampo, Bertek Dadirejo dan Tawangharjo, (Kecamatan Margorejo).

Selanjutnya, Desa Kebolampang, Kerangsumber (Kecamatan Winong), Desa Panggung Royom, Pagerharjo, (Kecamatan Wedarijaksa), Mojolawaran, (Kecamatan Gabus) dan Cengkalsewu, Kuwawur (Kecamatan Sukolilo) Jatiroto, Trimulyo, Sompok (Kecamatan Kayen) dan Desa Klegen, Sidokerto (Pati Kota).

Manager Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Pati Purwanto mengungkapkan permasalahan jaringan listrik di desa-desa itu umumnya karena kondisi overload. Ia menyebut kapasitas trafo tidak seimbang dengan beban yang diterima.

”Berdasarkan pengukuran yang telah dilakukan, beban trafo ternyata melebihi dari kapasitas trafo. Kami sudah investigasi ke sana dan kami sudah rencanakan penambahan trafonya,” ungkapnya.

Dari belasan desa tersebut, pihaknya sudah berhasil membenahi jaringan listrik di delapan desa. Pihaknya telah melakukan penambahan trafo untuk mengcover permintaan daya dari pengguna.

Purwanto menegaskan bakal segera memperbaiki di desa lainnya. Bahkan saat ini, PLN Pati sudah melakukan pengusulan penambahan trofo tersebut. Ia punberjanji ganguan jaringan ini akan selesai diperbaiki sebelum tahun baru.

”Memang hampir setiap malam mengalami permasalahan, tetapi kami perbaikan berdasarkan skala prioritas dahulu,” pungkasnya.

Sering padamnya listrik di Kabupaten Pati ini pun tak heran menimbulkan sikap protes dari warga yang terganggu aktivitasnya. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *