Bawaslu Ajak Komunitas Masyarakat Lorong Indah Lakukan Pengawasan

oleh -1,462 views

Seputarmuria.com, PATI – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pati mengadakan sosialisasi pengawasan partisipatif di kompleks Lorong Indah, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati, Rabu (30/10/2019).

Untuk diketahui bahwa Lorong Indah merupakan kawasan lokalisasi WTS.

Kordiv Hukum Penindakan Pelanggaran Bawaslu Pati Ahmadi mengatakan, Bawaslu Pati memang memiliki program sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif yang menggandeng berbagai komunitas masyarakat.

“Kali ini di komunitas masyarakat Lorong Indah. Karena warga Lorong Indah ini juga merupakan warga negara yang memiliki hak pilih. Sehingga, mereka harus diberi pemahaman mengenai proses demokrasi,” ucapnya.

Ahmadi mengatakan berdasarkan hasil pendataan yang mereka lakukan, jumlah “penghuni” Lorong Indah ialah sekira 200 orang, 25 di antaranya berasal dari luar daerah.

Ahmadi menyebut, untuk mereka yang berasal dari luar daerah, mereka diberi pemahaman bagaimana agar bisa menggunakan hak pilihnya jika ada perhelatan Pemilu maupun Pilkada.

“Yang terpenting, sesuai tema sosialisasi pengawasan partisipatif, mereka juga diberi pengertian bahwa mereka memiliki hak untuk melakukan pengawasan pemilu. Kalau tidak dibekali, mereka mungkin tidak tahu bagaimana cara melapornya, harus melapor ke mana, pelanggarannya apa,” jelasnya.

Ahmadi berharap, dengan materi yang disosialisasikan oleh Bawaslu, warga Lorong Indah tergugah kesadarannya untuk berpartisipasi dalam pengawasan Pemilu. Sehingga, jika nanti ada Pemilu maupun Pilkada, mereka bisa aktif melakukan pengawasan.

Satu di antara peserta sosialisasi, Rere, menilai kegiatan ini sangat bagus.

“Karena saya dapat mengetahui yang namanya Bawaslu itu apa,” ujar perempuan asal Bandung ini.

Rere mengatakan, dulu ketika masih di Bandung, dirinya ikut menggunakan hak pilih. Adapun mengenai kecurangan Pemilu, ia mengaku belum mengetahui tentangnya.

“Nantinya, saya siap untuk bisa membantu Bawaslu (dalam mengawasi Pemilu). Selagi itu baik untuk kita,” ucapnya. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *