Bawakan Lakon Ledhek Lastri, Teater Apotek SMK Duta Karya Sabet Juara Umum

oleh -404 views

Seputarmuria.com, KUDUS – Teater Apotek SMK Duta Karya Kudus, Cabang Pendidikan Wilayah lll Provinsi Jateng meraih Juara Umum dalam Festival Monolog Basa Jawa Nasional yang digelar di UNNES, Sabtu (26/10/2019) malam.

Kabar gembira tersebut disampaikan oleh Kepala Sekolah SMK Duta Karya Kudus, Thoat. Ia mengatakan, lomba dalam rangka bulan bahasa tersebut SMK Duta Karya Kudus berhasil membawa pulang dengan menyabet tiga kategori sekaligus, yaitu Sutradara Terbaik, Artistik Terbaik serta Penampilan Terbaik.

“Tentunya sukses selalu dan terus kita support”, ujarnya.

Ia menyebut, yang merebut juara tersebut ialah Jezy segitiga (M. Zaeni) selaku Pembina sekaligus sutradara yang mendapat juara sutradara terbaik. Untuk penampilan terbaik dipegang oleh Shofia Lailatun Nikmah (Kelas XII Farmasi). Serta artistik terbaik dengan lakon Ledhek Lastri oleh tim teater Apotek SMK Duta Karya.

“Tentu kami SMK Duta Karya bersyukur atas prestasi tersebut. Sekaligus kami berharap agar pencapaian tersebut menjadi pemacu kami untuk terus berprestasi di bidang – bidang yang lain”, harapnya.

M. Zaeni selaku pembina dan sutradara tim teater Apotek SMK Duta Karya mengatakan bahwa sebelum mengikuti ajang tersebut, perlu persiapan dan latihan kurang lebih selama satu bulan.

“Awalnya ada 30 an peserta yang mengikuti ajang ini. Kemudian, diseleksi menjadi 22 peserta dan diseleksi (red, diskualifikasi) menjadi 13 peserta”, ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa lakon Ledhek Lastri merupakan karyanya sendiri (Jesy Segitiga) yang telah di adaptasi dari cerpen Ledhek karya Jumari HS.

“Lakon tersebut menceritakan tentang cerita manis pahitnya menjadi penari ledhek. Harapannya tak lain adalah bagaimana hal tersebut menjadi refleksi bagi anak – anak dan terus menjadi pemicu semangat untuk selalu berkarya”, pungkasnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Provinsi Jateng, Sunoto menanggapi hal tersebut pun menyampaikan apresiasinya. Ia menegaskan bahwa akan selalu mendukung dan mendoakan para murid di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III selalu mengukir prestasi.

“Alhamdulillah akan selalu kita dukung. Asal yang terpenting untuk tetap menjaga proses belajar mengajar (PBM) yang terlaksana di sekolah”, ujarnya. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *