Bawakan Alkisah Si Kaum Rebahan, SMA PGRI 1 Pati Sabet Medali Emas

oleh -1.650 views

Seputarmuria.com, PATI – SMA PGRI 1 Pati patut berbangga diri lantaran salah satu siswanya berhasil membawa pulang penghargaan di tingkat nasional belum lama ini.

Adapun siswa tersebut ialah Muh. Ilham M A Diko kelas X Mipa 3 SMA PGRI 1 Pati ini berhasil membawa medali emas usai mengikuti Festival Sains dan Budaya, OSEBI kategori Esai yang digelar tanggal 20 Februari sampai 23 Februari di Tangerang Banten.

Ilham mengatakan bahwa penghargaan ini diraih tak lepas dari dua guru pembimbingnya yaitu Arrie Astuti dan Nur Lailynaumi Rahmawati. Untuk judul naskah yang dibawakannya ialah “Alkisah si Kaum Rebahan”.

“Tentunya saya sangat bersyukur sekali atas diraihnya medali emas ini. Tidak hanya bagi diri sendiri karena baru pertama kali namun juga bagi sekolah”, ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (28/2/2020).

Ia mengungkap bahwa, pengambilan judul tersebut berdasarkan kondisi yang ada saat ini pada kaum milenial. Sedangkan untuk pemilihan kata “kaum rebahan” ialah kata – kata aktual yang saat ini paling sering digunakan.

“Tak hanya itu, namun juga berdasarkan fakta yang ada di lapangan. Dari berbagai fakta dan pengalaman yang ada itu lah saya tertarik untuk menjadikan bahan esai saya”, pungkasnya.

Sementara itu, Arrie Astuti yang merupakan salah satu pembimbing mengatakan, untuk perlombaan FSB terutama untuk OSEBI ini merupakan tahun yang keenam bagi SMA PGRI 1 Pati berpartisipasi. Namun diraihnya medali emas ini memang baru yang pertama kali.

“Untuk persiapannya sendiri, kurang lebih satu bulan. Minggu pertama kami gunakan untuk membuat kerangkanya, minggu kedua untuk mencari referensi dan penulisan. Sedangkan untuk minggu ketiga dan keempat kami gunakan untuk kroscek, apakah tulisannya ada kesalahan atau tidak”, ungkapnya.

Dalam perlombaan tersebut, penilaian karya terbagi atas tiga kategori yakni menulis cerpen, puisi dan esai. Indikator peniliannya ialah tentang naskahnya, kompetensi bahasa dan terakhir tes wawancara.

“Untuk proses lombanya memang melalui proses tadi dan terakhir ialah tes wawancara”, pungkasnya.

Kepala Sekolah SMA PGRI 1 Pati Suharto menyampaikan dengan diperolehnya prestasi ini secara otomatis mampu mengangkat SMA PGRI 1 Pati serta mampu menginspirasi para guru maupun siswa yang lain agar berprestasi.

“Alhamdulillah dari 10 besar ternyata lolos ke tiga besar hingga berhasil mendapat juara 1. Semoga ini menjadi bagian untuk terus mendongkrak prestasi – prestasi di Kabupaten Pati” harapnya.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III, Sunoto begitu mengapresiasi atas prestasi – prestasi yang terus diraih oleh sekolah – sekolah di wilayah III.

“Sangat apresiasi terhadap sekolah di cabang dinas wilayah lll. Tidak pernah sepi kejuaraan baik regional, nasional bahkan internasional”, ujarnya.

Ia berharap prestasi yang ada, dapat ditiru dan dijadikan contoh sekolah lain. (Er)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *